Gigi Sensitif : Pengertian, Penyebab Dan Cara Mengatasinya

PENGERTIAN GIGI SENSITIF

Apa itu gigi sensitif?  Istilah gigi sensitif mungkin juga sering kita dengar dalam keseharian kita. Apalagi banyak iklan produk pasta gigi yang mengklaim bisa mengatasi gigi sensitif. Sebenarnya apa sih pengertian gigi sensitif itu?

Gigi sensitif adalah gigi yang terasa nyeri dan ngilu setiap kita melakukan aktivitas tertentu. Apabila Anda memiliki gigi yang sensitif, aktivitas tertentu seperti menyikat gigi, makan makanan manis, atau minum minuman dingin dapat menyebabkan rasa ngilu atau sakit pada gigi. Jika sudah mengalami masalah pada gigi, mungkin kita baru peduli bagaimana cara merawat gigi yang benar.

Gigi sensitif terjadi akibat dari enamel gigi yang terkikis atau akar gigi yang terekspos. Kadang, rasa tidak nyaman pada gigi juga dapat disebabkan oleh faktor lain, seperti lubang, gigi yang retak, tambalan gigi atau efek samping dari prosedur seperti pemutihan gigi


PENYEBAB GIGI SENSITIF

Secara umum, Berikut adalah beberapa penyebab gigi sensitif:

  • Erosi enamel misalnya, dapat terjadi sebagai akibat dari  menggeretakkan gigi, menyikat gigi terlalu sering, Erosi Asam yaitu sebagai akibat mengkonsumsi makanan dan minuman yang bersifat asam sehigga menyebabkan terkikisnya enamel gigi.
  • Resesi gusi (penurunan gusi) dapat terjadi sebagai akibat dari penyakit gusi atau menyikat gigi yang terlalu kuat/keras. baca juga : Penyebab Sakit Gigi

Berikut ini adalah hal - hal lain yang dapat menjadi penyebab gigi sensitif :


1. Penggunaan Sikat Gigi yang Salah. Tidak semua produk sikat gigi itu pas dan baik digunakan karena ada pula yang bulu sikatnya kurang fleksibel alias terlalu kaku. Ketika bulu sikat saja kaku dan lebih keras, otomatis ini akan berpengaruh ketika Anda menyikat gigi. Proses menyikat gigi secara kuat-kuat menggunakan sikat gigi jenis ini akan meningkatkan risiko gigi sensitif lebih besar. Baca juga : Obat Sakit Gigi Alami
 
2. Membusuknya Gigi. Pembusukan gigi dapat terjadi dan mengakibatkan terjadinya gigi sensitif karena gigi yang membusuk berisiko tinggi membuat gigi berlubang atau keropos. Gigi yang mengalami pembusukan biasanya akan membuat lapisan lunak di bawahnya lebih cenderung mudah terkena iritasi. Itulah mengapa dianjurkan tak hanya bagi anak-anak, orang dewasa pun perlu menyikat gigi rutin.

3. Produk Pasta Gigi yang Salah. Sekarang ini ada banyak produk pasta gigi yang mungkin membuat kita tergoda untuk mencobanya. Tak semua produk pasta gigi cocok untuk kondisi gigi Anda dan bisa-bisa malah justru pasta gigi tertentu menjadi penyebab dari sensitivitas gigi yang meningkat. Biasanya, produk pasta gigi pemutihlah yang cukup perlu diwaspadai.
4. Plak Berlebihan pada Gigi. Enamel gigi bisa lama-lama terkikis dan hilang karena penumpukan plak berlebihan pada gigi sehingga kemudian proteksi pada gigi pun turut hilang. Sebagai akibatnya, gigi akan menjadi sensitif. 
 
5. Prosedur Medis. Gigi sensitif tak selalu harus dari faktor-faktor yang telah disebutkan di atas, tapi juga bisa dari adanya prosedur medis pada gigi yang baru saja Anda peroleh. Sangat wajar apabila Anda merasakan gigi sensitif pasca beberapa prosedur medis untuk gigi Anda. Mungkin sebelum melakukan prosedurnya, Anda bisa tanyakan dulu apa efek sampingnya pada dokter. Baca juga : Pijat Sakit Gigi


6. Gigi Pecah. Pernah mendengar tentang gigi yang patah atau pecah? Gigi yang pecah bisa menjadi penyebab utama dari timbulnya gigi sensitif. Bagi Anda yang suka makan makanan bertekstur keras, ini bisa menyebabkan gigi mudah pecah atau patah yang kemudian berimbas pada gigi yang sensitif.
 
7. Pemakaian Obat Kumur Berlebihan. Setelah menyikat gigi, ada sebagian orang yang tak akan pernah melewatkan penggunaan dari obat kumur. Apabila penggunaannya terus-menerus dan berlebihan, yakni sepanjang hari, ini justru berdampak buruk bagi kesehatan gigi. Obat kumur terdapat kandungan asam di dalamnya sehingga hal ini berisiko meningkatkan kondisi gigi sensitif.

gigi sensitif

 

CARA MENGATASI GIGI SENSITIF

Jika saat ini anda mengalami gigi sensitif, berikut ini ada beberapa cara mengatasi gigi sensitif yang perlu anda lakukan dari sekedar meminum obat sakit gigi :

  • Awasi makanan Anda. Hindari makanan dan minuman dengan kadar asam yang tinggi.
  • Gunakan produk dental dengan fluoride. Menggunakan obat kumur fluoride setiap hari dapat mengurangi sensitivitas. Tanyakan kepada dokter gigi mengenai produk yang tersedia untuk penggunaan di rumah.
  • Gunakan sikat gigi dengan bulu halus. Sikat dengan lembut dan hati-hati di sekitar garis gusi sehingga Anda tidak mengganggu jaringan gusi.
  • Sikat gigi dan menggunakan benang gigi secara rutin. Gunakan teknik sikat gigi dan benang gigi dengan tepat untuk membersihkan seluruh bagian gigi dan mulut Anda.
    Gunakan pasta gigi untuk gigi sensitif. Terdapat berbagai merek. Penggunaan rutin akan mengurangi sensitivitas pada gigi. Anda mungkin perlu mencoba beberapa merek untuk menemukan produk yang paling tepat untuk Anda. Oleskan lapisan tipis pada akar gigi yang terekspos dengan jari atau cotton bud sebelum tidur. Gunakan pasta gigi dengan fluor, bukan tartar control.
  • Jangan menggertakan gigi Anda. Gunakan pelindung gigi pada malam hari.
    Kunjungi dokter gigi setiap 6 bulan atau lebih sering, tergantung pada kondisi Anda.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->