Cara Mengobati Menghilangkan Sakit Gigi Dengan Cepat Efektif

Cara mengobati sakit gigi berikut ini sederhana, namun jika anda lakukan dengan tepat, dapat menghilangkan sakit gigi anda.

Banyak cara menghilangkan sakit gigi dilakukan orang mungkin kurang memberikan hasil yang diinginkan, bisa jadi cara yang dilakukan kurang tepat. Di bawah ini saya bagikan beberapa alternatif cara mengobati sakit gigi yang sudah banyak dilakukan dan terbukti berhasil.

Mengobati sakit gigi sebenarnya juga tidak dapat dipisahkan dengan bagaimana kita melakukan perawatan terhadap gigi tersebut, sehingga kesehatan gigi tetap terjaga. Jadi disamping mengobati gigi juga selalu melakukan tidakan perawatan gigi yang benar.


CARA MENGOBATI SAKIT GIGI

Berikut ini beberapa cara mengobati sakit gigi  dengan cepat dan efektif, yang bisa anda coba :

1. Obat-obatan
Pada umumnya obat sakit gigi adalah cara mengobati sakit gigi yang paling cepat. Dapatkan obat-obatan pereda nyeri yang dijual bebas di apotek, misalnya acetaminophen untuk anak atau ibuprofen untuk orang dewasa. Jika Anda menggunakan aspirin, jangan tempelkan tablet di gigi atau gusi yang sakit, langsung telan obat tersebut. Menahan aspirin dalam mulut bisa melukai bagian dalam mulut.

2. Hidrogen peroksida 3%
Hidrogen peroksida adalah pembasmi bakteri yang ampuh dan terbukti khasiatnya sebagai obat sakit gigi. Kumur dengan larutan hidrogen peroksida 3% untuk meringankan rasa ngilu di gigi yang diikuti oleh demam dan bau mulut (tanda-tanda infeksi), tapi jangan lupa untuk mencampurnya dengan sedikit air. Larutan ini bisa melukai mulut dan gusi jika digunakan dalam bentuk murni. Kumur kemudian buang, lalu bilas mulut Anda dengan air putih.

3. Kunyah bawang putih
Ini adalah cara mengobati sakit gigi secara alami yang sudah banyak dilakukan. Bawang putih obat sakit gigi yang paling mudah. Saat terkoyak oleh gigi, bawang putih akan melepaskan allicin, substansi berminyak alami yang berfungsi sebagai pelawan penyakit.

4. Kumur air garam
Cara mengobati sakit gigi yang lain adalah dengan memanfaatkan air garam. Larutkan ½ sdt garam ke dalam satu gelas air (240 ml), dan kumur selama beberapa saat. Sebelum berkumur, Anda juga bisa lakukan flossing untuk mengeluarkan sisa makanan yang mengganjal di sekitar area gigi yang sakit.

5. Minyak cengkeh
Mungkin anda tidak menyangka ... minyak cengkeh bisa menjadi cara mengobati sakit gigi yang dianjurkan. Minyak cengkeh adalah obat tradisional yang sudah lama digunakan sebagai obat sakit gigi. Minyak ini disinyalir bisa membantu “mematikan saraf” karena senyawa kimia utama yang terkandung dalam rempah ini adalah eugenol, anestesi alami.

Tuangkan dua tetes minyak cengkeh pada bola kapas dan tempelkan di gigi yang bermasalah sampai rasa sakit mereda. Alternatifnya, Anda bisa gunakan cengkeh bubuk atau cengkeh utuh untuk menghilangkan sakit gigi, caranya tempelkan pada gigi yang sakit.

Tapi, berhati-hati dalam menggunakan minyak cengkeh. Sembarangan menuang minyak cengkeh di mulut, bisa-bisa rasa sakit akan semakin parah jika minyak tersebut menetes ke lidah atau gusi Anda yang sensitif. Baca juga : cara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh


MERAWAT GIGI MENJADI BAGIAN DARI CARA MENGOBATI SAKIT GIGI

Timbulnya sakit gigi merupakan akibat dari perawatan dan perlakuan terhadap gigi yang salah. Intinya adalah kurang memperhatikan kesehatan gigi. Disamping menghindari penyebab sakit gigi, berikut ini adalah cara merawat gigi yang baik dan benar :

1) Jaga kebersihan gigi :
- Pilih Sikat Gigi yang Tepat Memilih sikat gigi yang tepat dan sesuai anjuran dokter itu seperti apa sih? Sikat gigi yang tepat adalah sikat gigi yang memiliki bulu sikat yang lembut, dengan kepala yang cukup kecil agar bisa digerakkan dengan nyaman di sekitar mulut serta gagang yang mudah digenggam. 

- Jangan Berlebihan dalam Menyikat Gigi
enyikat gigi terlalu sering atau terlalu kuat dapat menyebabkan resesi gusi, dan merusak permukaan akar gigi.

- Bersihkan Gigi Dengan Teknik Flossing  Flossing adalah membersihkan sela-sela gigi dengan benang khusus. Dengan kata kata lain, perawatan gigi ini bertujuan untuk menghilangkan plak di tempat yang tidak bisa dijangkau oleh bulu sikat gigi, misalnya di sela-sela gigi.

2) Hindari Kebiasaan Buruk yang Merusak Gigi
Beberapa kebiasaan buruk di antaranya sudah banyak diketahui seperti merokok, mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak, dan menggigiti pensil atau kuku. Semua kebiasaan tersebut memiliki efek negatif bagi kesehatan gigi dan mulut.

3) Hindari Makanan yang Mengandung Gula Menurut National Institutes of Health, kerusakan gigi adalah penyakit kronis yang paling umum terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Konsumsi makanan manis adalah penyumbang utama masalah ini.

4) Jangan Segera Menyikat Gigi Setelah Minum Minuman Asam
Menyikat gigi tepat setelah mengonsumsi makanan atau minuman asam dapat memiliki efek negatif bagi gigi sehingga menyebabkan erosi email yang signifikan.


cara mengobati menghilangkan sakit gigi


5) Gunakan Pasta Gigi Berfluoride. 
Tidak sebatas bagaimana cara mengobati sakit gigi dengan cepat , pasta gigi pun harus dipilih yang tepat. Penelitian ilmiah membuktikan bahwa fluorida tidak hanya efektif dalam mencegah gigi berlubang tetapi juga dapat memperbaiki enamel gigi. Fluoride adalah unsur alami yang sangat aman bila digunakan sesuai petunjuk.

6) Minum Air Cukup
Dengan cukup minum, akan membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik, dan ini tentu baik bagi kesehatan. Khususnya di mulut, air dapat membuat lapisan mukosa menjadi lebih lembab, hal ini juga akan menjaga produksi air liur. Air liur tidak hanya melawan asam, seperti yang disebutkan di atas, tetapi juga membantu pencernaan, membantu memerangi kuman, dan bahkan memiliki peran dalam melindungi gigi dari pembusukan.

7) Konsultasi Masalah Kesehatan Gigi
Pemeriksaan gigi rutin begitu penting untuk kesehatan gigi dan mulut. Periksalah ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Pastikan memberi tahu dokter gigi ketika merasa sesuatu yang tidak biasa seperti pendarahan, gigi sensitif (sering ngilu), nyeri, perubahan warna, sakit atau benjolan, atau tanda dan gejala lain yang tidak normal. Jangan sampai hal yang kecil dibiarkan saja dan menjadi bom waktu dikemudian hari.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->