Penyebab Sakit Gigi Yang Perlu Diwaspadai

Penyebab sakit gigi. Berikut ini adalah hal - hal yang sering menjadi penyebab sakit gigi yang begitu menyiksa.

Sakit gigi membuat siapapun menjadi tidak berdaya, ini membuat penderitanya tidak nyaman untuk beraktifitas.  Sakit gigi tidak datang begitu saja, hal - hal yang merusak gigi, pada umumnya menjadi penyebab sakit gigi, sebenarnya sudah berlangsung sekian lama. Kondisi yang merusak gigi itu akhirnya menimbulkan peradangan yang pada skhirnya menjadi rasa sakit pada gigi.

Sakit gigi terjadi ketika pulpa gigi mengalami peradangan. Pulpa gigi merupakan lapisan terdalam dari struktur gigi yang terdiri atas pembuluh darah dan saraf sensitif. Pada umumnya kita tidak pernah berpikir kalau hal tersebut yang menjadi penyebab sakit gigi.


PENYEBAB SAKIT GIGI

Berikut ini adalah hal - hal yang menjadi penyebab sakit gigi yang perlu anda waspadai :

1. Kurang Menjaga Kebersihan Gigi. Adanya pembusukan dan timbulnya sakit gigi disebabkan oleh kurangnya kesadaran dalam menjaga kebersihan gigi. Menggosok gigi minimal dua kali sehari, saat bangun tidur dan mau tidur. Namun ada saatnya kita harus menggosok gigi lebih dari dua kali, yaitu sehabis memakan makanan yang manis seperti cokelat dan permen, bahaya merokok dan memakan makanan berserat seperti daging. Jika tidak rajin menyikat gigi akan menyebabkan sakit gigi. Alasannya adalah sebagai berikut ini :
  • Makanan dan minuman yang serba manis bisa mengkikis dan merusak email gigi. Lapisan luar gigi yang telah rusak bisa menyebabkan kuman mudah menginfeksi gigi, sehingga gigi bisa berlubang. Awalnya di permukaan gigi hanya akan muncul satu titik hitam, namun lama kelamaan titik hitam itu bisa bertambah lebar kemudian menyebabkan gigi berlubang. Selain melebar lubang gigi itu juga akan mendalam ke dalam lapisan gigi.
  • Sehabis memakan makanan berserat seperti daging harus segera melakukan sikat gigi, hal itu dikarenakan serat yang halus sekalipun bisa terselip di rongga-rongga gigi. Jika ada rongga gigi yang tidak bisa dibersihkan efeknya adalah serat itu akan membusuk dan membuat pembusukan pada gusi dan juga menginfeksi gigi. Jika gigi sudah terinfeksi akan menimbulkan sakit gigi.
2. Pembusukan gigi (kondisi ini kerap diakibatkan oleh permukaan gigi berlubang).
3. Penumpukan nanah di dasar gigi akibat infeksi bakteri (abses periapikal).
4. Penyusutan gusi.
5. Gigi retak.
6. Tambalan yang rusak (pada gigi yang pernah ditambal).
Baca juga : cara mengobati sakit gigi berlubangpaling ampuh

 
Kondisi radang pada pulpa gigi bukan satu - satunya hal yang menjadi penyebab sakit gigi. Ada sejumlah kondisi lain yang bisa menyebabkan gejala nyeri menyerupai sakit gigi, di antaranya:
  • Sinusitis.
  • Abses periodontal.
  • Cedera pada sendi temporomandibular (sendi yang menghubungkan rahang dengan tengkorak kepala).
  • Gusi Bengkak. Masalah pada gusi juga masih berhubungan dengan sakit gigi, hal ini dikarenakan jika bagian gusi pada mulut mengalami peradangan yang menyebabkan bengkak, merah dan bahkan berdarah akan menjadikan gusi mengalami infeksi dan bagian gigi yang masih berhubungan dengan gusi ini kemudian akan mengalami rasa sakit.
  • Pembengkakan gusi atau gusi pecah akibat gigi tumbuh.
  • Tumbuh Gigi Bungsu. Penyebab sakit gigi lainnya biasanya pada saat akan tumbuh gigi bungu atau graham. Ketika gigi ini akan tumbuh biasanya seseorang akan merasakan sakit pada bagian giginya. Biasanya hal ini disebabkan karena gigi bungsu tersebut tidak memiliki cukup ruang ketika sedang tumbuh dan mengakibatkan tekanan pada gigi yang letaknya berdekatan sehingga gigi akan terasa sakit.
  • Tukak gusi.
  • Pengikisan Gusi. Menggosok gigi dengan cara yang kurang tepat bisa menyebabkan pengikisan pada bagian gusi yang akhirnya bisa mengakibatkan pengikisan pada bagian akar gigi. Hal ini akan menjadikan gigi memiliki sensitivitas yang lebih terhadap beberapa jenis makanan misalnya makanan yang terasa dingin, panas dan makanan yang memiliki rasa asam. Selain itu makanan dan minuman yang asam juga bisa memperburuk keadaan gigi.
  • Benturan Pada Gigi. Ini juga bisa menyebabkan sakit gigi karena terjadinya trauma atau gigi pernah terbentur dengan sesuatu yang akhirnya menyebabkan gigi patah dan menjadi bergoyang. Jika hal ini terjadi biasanya seseorang akan merasakan sakit gigi.


MAKANAN PERUSAK DAN PENYEBAB SAKIT GIGI

Ada jenis makanan yang tidak terkait langsung dengan sakit gigi, namun jika sudah pernah sakit gigi, pada umumnya akan kambuh jika mengkonsumsi makanan berikut ini :

1. Kopi. Kopi merupakan salahsatu minuman favorit kebanyakan orang dan seringkali
penyebab sakit gigi
disajikan dipagi hari, ternyata memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Kadar asam yang tinggi ini tentu saja ditentukan dari jumlah kopi yang dikonsumsi sehingga Anda tidak disarankan mengkonsumsi kopi berlebihan karena dikhawatirkan bisa merusak gigi Anda. Baca juga : obat sakit gigi alami cepat sembuh

2. Buah-buahan Asam. Buah-buahan biasanya menjadi makanan sehat yang sering dikonsumsi oleh kebanyakan orang. Asam yang terdapat pada buah-buahan inilah yang bisa menjadikan gigi rusak dan menjadi penyebab sakit gigi karena merusak email gigi atau bagian luar gigi dan selanjutnya gigi akan terasa ngilu dan juga sensitif. Meskipun begitu, jika dikonsumsi dengan cara yang sehat dan seimbang, buah-buahan tetap baik untuk menjaga kesehatan dan menyeimbangkan asupan nutrisi harian dalam tubuh.

3. Pempek. Pempek merupakan makanan yang cukup banyak digemari juga, namun ternyata dapat merusak gigi. Sebenarnya bukan pempeknya yang bisa merusak gigi namun penggunaan cuko atau bumbu cuka yang dicampur pada pempek tersebut. Cuko pada pempek memiliki tingkat asam (acid) yang cukup tinggi, dan diketahui bahwa jika dikonsumsi sering maka dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Jadi secara tidak labgsung dapat menjadi penyebab sakit gigi.

4. Minuman Bersoda. Minuman bersoda merupakan minuman yang kurang sehat untuk dikonsumsi, diketahui bahwa minuman bersoda memiliki kadar asam yang cukup tinggi. Ketika Anda mengkonsumsi minuman soda sebaiknya ketika akan diminum tidak disarankan ditahan di mulut sebelum menelannya. Karena apabila ditahan dalam mulut maka soda akan berkontraksi dengan gigi dan dapat meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada gigi Anda.

5. Acar, Sayuran dan Buah yang Diasamkan. Biasanya acar dan juga asinan dikonsumsi sebagai makanan lezat pelengkap, meskipun begitu jika terlalu sering dikonsumsi dapat menyebabkan kerusakan gigi dan menjadi penyebab sakit gigi karena memiliki kadar asam yang cukup tinggi.

7. Roti. Jenis makanan seperti biskuit, kue kering dan roti adalah jenis makanan yang memiliki sifat lengket dan menempel pada bagian gigi apabila dikonsumsi. Seperti yang dikutip dari situs Boldsky, makanan yang memiliki sifat lengket dapat menimbulkan plak dan beresiko menjadi karang gigi apabila tidak dibersihkan sehingga dapat merusak gigi dan menjadi penyebab sakit gigi.

8. Yoghurt. Diketahui bahwa yoghurt merupakan sumber nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh dan memiliki banyak manfaat, namun ternyata yoghurt juga memiliki kadar asam yang cukup tinggi yang dapat menjadi penyebab sakit gigi. Sehingga Anda disarankan untuk mengkonsumsi yoghurt tidak berlebihan dan dalam porsi normal saja.

9. Minuman Isotonik. Berbagai produk minuman isotonik dan minuman berenergi akhir-akhir ini menjadi populer padahal dapat menjadi penyebab sakit gigi. Hal ini bisa saja terjadi karena kandungan gula yang cukup tinggi pada jenis minuman ini dan menjadi penyebab kerusakan pada gigi.

10. Keripik. Mungkin anda heran jika keripik bisa menjadi penyebab sakit gigi. Mengkonsumsi makanan ringan seperti keripik dan jenis kerupuk biasanya digemari oleh kebanyakan orang. Padahal makanan tersebut tidak jarang menyangkut pada sela-sela gigi dan menyangkut pada gigi, apabila tidak lekas dibersihkan makan bisa berakibat pada terbentuknya karang gigi.

11. Es. Minuman dingin seperti es merupakan salah satu yang menjadi penyebab sakit gigi karena gigi yang sudah rusak dan sensitif. Apalagi jika Anda memiliki kebiasaan mengunyak es batu yang masih keras, bisa membuat gigi rentan mengalami goyah dan bisa menyebabkan rusaknya bagian enamel gigi.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->