Tips Cara Merawat Gigi Yang Baik Dan Benar

Cara merawat gigi ini akan menghindarkan gigi anda dari permasalahan seperti sakit gigi atau pun gigi berlubang.

Cara merawat gigi kedengarannya sederhana namun perlu mendapatkan perhatian serius, ini untuk memastikan bahwa gigi dan mulut anda terbebas dari bakteri penyebab sakit gigi. Kelalaian dalam merawat gigi dan mulut berpotensi mengalami sakit gigi yang sangat menyiksa seperti gigi goyang, gusi bengkak dan sakit gigi berlubang. Baca : cara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh .


CARA MERAWAT GIGI YANG BENAR
 
Cara merawat gigi yang baik dan benar tidak hanya meliputi menggosok gigi saja, ada hal lain yang juga perlu diperhatikan agar tindakan perawatan ini menjadi efektif. Tips merawat gigi berikut ini akan menjadi solusi tepat untuk menjaga kesehatan gigi anda :
  1. Biasakanlah menjadi rutinitas yang wajib. Cara merawat gigi yang pertama ini menggosok gigi, lakukan setidaknya 2 kali yaitu pagi hari dan malam sebelum tidur.
  2. Jangan terlalu sering menggosok gigi. Terlalu sering menggosok gigi bukan cara merawat gigi yang dianjurkan. Menggosok gigi 2-3 kali sehari adalah jumlah yang ideal. Tetapi menggosok gigi lebih dari 3 kali sehari dapat merusak email gigi dan membahayakan gusi.
  3. Jangan menggosok gigi dengan gerakan yang terlalu kuat, ini akan merusak gigi dan gusi, ini tidak direkomendasikan oleh ahli dan tips merawat gigi manapun.
  4. Gunakan teknik menggosok gigi yang benar. Selain dapat membersihkan gigi dari kotoran, cara ini juga akan menghindarkan anda dari rusaknya gigi dan terjadinya luka pada gusi misalnya. Baca teknik cara menggosok gigi yang benar di bawah ...
  5. Sikat juga lidah dan sisi dalam pipi. Kotoran tidak hanya menempel pada gigi tapi juga pada lidah, tidak jarang ini dapat menjadi penyebab bau mulut juga. Membersihkan lidah juga merupakan bagian dari tips cara merawat gigi yang baik. Selain pada permukaan gigi, bakteri juga terdapat pada lidah dan sisi dalam kanan kiri pipi. Sikat juga bagian ini dengan lembut secara teratur untuk mengurangi bau napas tidak sedap. Beberapa merek menyediakan alat khusus untuk membersihkan lidah.
  6. Gunakan juga benang gigi ( floss ) untuk membersihkan sisa - sisa kotoran yang masih menempel pada sela - sela gigi. Baca juga : cara menggunakan benang gigi
  7. Berkumur. Berkumurlah dengan air bersih tiap setelah selesai menggosok gigi pada tiap bagian. Kemudian berkumurlah dengan obat kumur antiseptik, sehingga disamping menjaga kebersihan gigi dan mulut,  kesegaran bau napas juga terjaga. Baca juga : obat sakit gigi alami cepat sembuh


CARA MENYIKAT GIGI YANG BENAR

Pada tips cara merawat gigi kali ini, kami melengkapinya dengan teknik cara menggosok gigi dengan baik dan benar, seperti berikut ini :
  • Letakkan bulu sikat gigi pada permukaan gigi dekat tepi gusi dengan posisimembentuk sudut 45 derajat. Anda bisa mulai menyikat gigi pada gigi geraham atas atau pada gigi belakang di salah satu sisi mulut Anda. Sikatlah dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah selama sekitar 20 detik untuk setiap bagian.
  • Sikat setiap bagian gigi, mulai dari bagian gigi yang biasa dipakai untuk mengunyah, gigi yang dekat dengan pipi dan lidah. Pastikan semua permukaan gigi sudah disikat, sehingga plak atau sisa makanan yang menempel di gigi bisa hilang.
  • Untuk membersihkan permukaan dalam gigi depan Anda, Anda harus memegang sikat gigi secara vertikal atau menggunakan ujung kepala sikat gigi Anda dan sikat dengan gerakan melingkar dari tepi gusi sampai atas gigi. Lakukan gerakan ini berulang sebanyak 2-3 kali.
  • Ubah pola menyikat gigi Anda yang biasa jika diperlukan. Kadang, menyikat gigi dengan cara yang itu-itu saja membuat bagian lain yang tidak biasa dilewati bisa terabaikan.
  • Jika Anda memulainya dari bagian geraham atas, maka Anda akan menyelesaikan sikatan Anda pada gigi geraham bawah. Anda akan menghabiskan waktu sekitar 2-3 menit untuk menyikat seluruh bagian gigi Anda.
  • Tips merawat gigi yang terakhir, bilas mulut dan sikat gigi Anda dengan air sampai bersih. Lalu berkumur dengan obat kumur agar bakteri merugikan hilang dan bau nafas menjadi segar.


MEMILIH SIKAT GIGI

Tips cara merawat gigi yang baik tidak lepas dari penggunaan sikat gigi yang tepat, sehingga efektif menghilangkan kotoran, disamping itu juga tidak merusak lapisan gigi. Berikut ini adalah tips bagaimana memilih sikat gigi yang baik :
  1. Bentuk sikat gigi. Jangan menganggap bahwa bentuk sikat gigi adalah mode semata.
    tips cara merawat gigi
    Bentuk sikat gigi akan sangat mempengaruhi cara anda dalam menggosok gigi. Dengan adanya hal tersebut maka bentuk sikat sangatlah harus diperhatikan. Agar anda bisa memberikan gerakan menyikat gigi dengan baik dan efektif menghilangkan kotoran. Yang pada akhirnya akan dapat merawat dan menjaga daya tahan gigi.
  2. Ukuran. Tak hanya bentuknya namun ukuran sikat gigi haruslah diperhatikan. Namun anda harusnya memperhatikan ukuran sikat gigi anda agar bisa lebih leluasa membersihkan bagian mulut anda dan juga gigi anda bagian dalam. Jika anda tidak memperhatikannya ukuran sikat yang sangat besar akan mengakibatkan cedera pada gusi dan juga bagian mulut.
  3. Perhatikan jenis sikat. Jenis sikat gigi juga berpengaruh dalam merawat gigi anda. Jenis sikat gigi yang lembut akan memberikan anda kualitas menyikat gigi yang baik pula. Jika sikatnya tidak lembut maka akan memberikan anda potensi yang bisa membuat mulut anda menjadi cedera akibat gesekan bulu yang kasar.
  4. Jenis bulu sikat. Pada label sikat gigi, sering tertulis pilihan soft, medium, atau hard. Pilih yang mana? Tergantung kekuatan Anda menyikat dan kekuatan gigi Anda. Ujung bulu sikat yang terlalu kasar/keras dapat merusak gusi, akar, dan lapisan pelindung gigi, terutama jika Anda menyikat gigi terlalu kencang.
  5. Gagang Sikat. Gagang sikat yang baik akan sangat berguna jika anda ingin leluasa menjangkau bagian mulut bagian dalam. Jika tidak gagang anda akan membuat anda sulit untuk meraih bagian gigi yang penting untuk di perbaiki.

Dengan menerapkan tips merawat gigi yang lengkapi dengan pengetahuan cara menggosok gigi yang benar, juga car memilih sikat gigi yang baik ... diharapkan gigi dan mulut terbebas dari bakteri merugikan. Sehingga dapat mencegah terjadinya sakit gigi

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->