-->

Benang Gigi ( Dental Floss ), Pengertian, Manfaat, Dan Cara Menggunakannya

Apa itu benang gigi? berikut ini adalah pengertian benang gigi, manfat dan cara menggunakannya.

Membersihkan gigi adalah rutinitas wajib untuk menjaga kesehatan gigi. Mungkin anda sudah tahu bagaimana cara menyikat gigi yang benar, namun membersihkan gigi tidak cukup dengan sikat gigi, perlu alat tambahan untuk membersihkan gigi yaitu benang gigi ( dental floss ).


APA ITU BENANG GIGI ( DENTAL FLOSS )

Benang gigi adalah alat berupa benang khusus yang digunakan untuk membersihkan sela - sela gigi agar gigi bersih dari kotoran sisa - sisa makanan yang masih menempel pada gigi yang bisa menjadi penyebab sakit gigi.  Membiasakan diri menyikat gigi dan menggunakan benang gigi untuk membersihkan gigi bisa membantu mengurangi risiko bau mulut, sakit gigi, dan penyakit periodontal. Baca juga : cara membersihkan karang gigi

Setidaknya ada lebih dari 500 jenis bakteri yang terdapat di dalam mulut. Karena itu, penting untuk membiasakan diri menyikat gigi dan membersihkan gigi menggunakan benang gigi secara teratur agar tidak ada lagi sisa makanan dan bakteri yang tertinggal.

Jika Anda benar-benar ingin menghindarkan bakteri dan plak dari gigi Anda, maka Anda harus menggunakan benang gigi sebagai alat pembersih kedua setelah sikat gigi. Menurut survei, membersihkan gigi dengan benang dapat menghilangkan plak dan bakteri lebih efektif 40% ketimbang hanya menggunakan sikat gigi saja.

Plak yang terbentuk di dalam mulut, mampu menghasilkan asam yang membuat gigi mudah terkikis, berlubang, dan membuat gusi meradang. Bahkan sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang tidak terbiasa menggunakan benang gigi, cenderung sering mengalami peradangan mulut dari pada orang yang rutin membersihkan giginya dengan benang. Baca juga : cara merawat gigi agar tidak berlubang


benang gigi dental floss



KAPAN MENGGUNAKAN BENANG GIGI

Di atas adalah penjelasan tentang pengertian benang gigi, lalu kapan sih waktu yang tepat untuk menggunakan benang gigi?  Sebenarnya pagi atau malam hari melakukan flossing dengan benang gigi juga tidak ada bedanya, juga tidak harus sebelum atau sesudah gosok gigi. Hanya saja pastikan setidaknya Anda melakukannya sehari sekali. Sikatlah gigi dua kali sehari dan flossing sehari sekali setiap hari. Ini cukup untuk menhindarkan diri dari penyakit gusi dan gigi



MANFAAT BENANG GIGI ( DENTAL FLOSS )

Walaupun kelihatannya sederhana, namun benang gigi memiliki peranan penting dalam kesehatan gigi secara umum. Berikut ini adalah beberapa manfaat benang gigi :

1. Mencegah bau mulut, sakit gigi, dan penyakit periodontal
Penggunaan benang gigi juga mampu mengurangi terjadinya pembentukan plak pada gigi. Hal ini berarti mendukung pencegahan terjadinya bau mulut, kerusakan gigi, dan penyakit gusi (periodontal).

2. Mampu mencegah pembentukan plak pada gigi
Karena mampu membersihkan sisa makanan, plak, dan bakteri pada sela gigi, maka gigi menjadi lebih bersih. Rutin menggunakan benang gigi juga mampu mencegah pembentukan karang gigi. Baca juga : cara mengobati sakit gigi



CARA MENGGUNAKAN BENANG GIGI ( DENTAL FLOSS )

Menggunakan benang gigi juga tidak boleh sembarangan agar tidak melukai gigi dan gusi. Berikut ini adalah cara yang benar dalam menggunakan benang gigi adalah:
  1. Ambil benang gigi sepanjang 45 cm dan lilitkan sebagian besar kedua ujung benang pada kedua jari tengah Anda.
  2. Pegang erat sisa benang gigi dengan ibu jari dan jari telunjuk.
  3. Mulailah selipkan secara perlahan-lahan benang gigi pada sela-sela gigi.
  4. Gesekkan benang gigi membentuk pola huruf C pada sela-sela gigi dan gusi.
  5. Gerakkan benang naik dan turun secara lembut dan perlahan agar tidak melukai gusi.
  6. Terapkan hal yang sama pada sela-sela gigi yang lain.
  7. Jangan lupa membersihkan bagian belakang geraham belakang. Penyakit gusi dan kerusakan gigi sering terjadi pada gigi belakang. Mungkin agak sulit membersihkan bagian itu, tetapi Anda tidak boleh mengabaikan bagian penting yang perlu dibersihkan dengan benang gigi. Geser perlahan benang gigi ke sela-sela gigi geraham belakang dan gusi, dan tarik kedua sisi benang dengan hati-hati ke arah Anda saat membersihkan bagian tersebut.
  8. Berkumur-kumurlah dengan obat kumur atau air setelah selesai membersihkan dengan benang gigi. Setelah menggunakan benang gigi, berkumur-kumur akan menghilangkan sisa kotoran yang hampir lepas dari gusi, atau yang dapat dihilangkan tetapi tertinggal di mulut. Mulut Anda juga akan segar dan bersih.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->