-->

Tips Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami Dengan Mudah

Cara membersihkan karang gigi yang satu ini layak anda coba. Hanya cara ini yang menurut saya efektif memberikan hasil yang cepat.

Sebenarnya apa sih karang gigi itu?  istilah karang gigi tentu bukan hal yang asing di telinga kita, yang jelas ini merupakan kondisi yang membuat gigi kita terlihat sangat tidak menarik jika tidak mau dibilang menjijikkan. Inilah yang membuat setiap orang yang ingin tampil sempurna ingin membersihkan karang gigi. Lagi pula, karang gigi ini bisa menjadi cikal bakalnya sakit gigi. Baca juga : obat sakit gigi

Karang gigi adalah plak gigi yang mengeras dan tumbuh sedikit demi sedikit. Awalnya, plak gigi terbentuk ketika bakteri dalam mulut bercampur dengan protein dan sisa-sisa makanan.  Jika tidak dibersihkan, maka plak tersebut dapat menyebabkan karang gigi. Jika saat ini anda mengalami karang gigi tentu membuat anda tidak PD bukan?  Namun anda tidak perlu khawatir ada cara alami membersihkan dan menghilangkan karang gigi dengan mudah.

Tips cara membersihkan karang gigi secara alami sebenarnya mudah sekali kita temukan di internet, namun justru membuat kita bingung ... mau mengikuti cara yang mana. Kabar baiknya saya akan memberikan tips membersihkan karang gigi secara alami ... cukup satu tips saja namun terbukti secara efektif menghilangkan plak atau karang gigi.



TIPS CARA MEMBERSIHKAN KARANG GIGI SECARA ALAMI

Dengan tips ini, untuk membersihkan karang gigi kita akan memanfaatkan bahan yang sederhana dan mudah dicari yaitu baking soda dan garam. Lalu bagaimana bahan tersebut dapat membersihkan plak atau karang gigi?

Cara menghilangkan karang gigi kuning dengan baking soda adalah dengan membuatnya sebagai pasta gigi. Baking soda dapat menghilangkan dan memutihkan gigi Anda dengan cepat. Menggunakan baking soda juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah dan mengeras.

Anda cukup mengambil 1 sdm baking soda lalu tambahkan sejumput garam dan aduk hingga rata. Kemudian Anda tinggal mencelupkan sikat gigi yang sebelumnya dibasahi pada campuran ini. Sikat gigi seperti biasa selama 2 menit lalu kumur. Lakukan tips membersihkan karang gigi ini dengan rutin untuk hasil yang maksimal.



tips cara membersihkan karang gigi secara alami

 

MENCEGAH KARANG GIGI

Setelah anda berhasil membersihkan karang gigi dengan cara di atas, tentu penting sekali menjaga gigi anda agar tidak lagi terdapat karang gigi. Berikut ini ada beberapa langkah yang perlu anda lakukan untuk mencegah karang gigi :

Kurangi makanan dan minuman manis. Bakteri yang ada di mulut sangat erat kaitannya dengan jenis makanan yang dikonsumsi. Mereka berkembang dengan baik saat makanan manis dan bertepung dikonsumsi. Bakteri akan mengeluarkan zat asam berbahaya jika bertemu dengan kedua jenis makanan di atas. Cara terbaik mengurangi kemungkinan terbentuknya karang gigi adalah dengan membatasi jenis-jenis makanan tersebut. Baca juga : cara mencegah sakit gigi

Rajin menggosok gigi. Anda pasti sudah tahu bahwa memang dianjurkan untuk menyikat gigi 2 kali sehari. Namun tidak hanya 2 kali sehari saja, Anda juga dianjurkan pula untuk menyikat gigi selama 2 menit. Hal ini untuk memastikan bahwa semua gigi Anda telah tersikat dengan rata.

Menggunakan pasta gigi dengan fluoride. Agar gigi Anda bersih dari sisa makanan secara sempurna, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride mampu mencegah plak berkembang. Tidak hanya fluoride, Anda bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung pyrophosphates, zinc citrate, triclosan. Kandungan-kandungan tersebut akan menghilangkan noda kekuningan dan plak dengan efektif.

Flossing. Flossing adalah membersihkan gigi dengan menggunakan benang. Tidak sembarang benang tentu saja. Namun benang khusus gigi. Dengan menggunakan benang, maka plak yang ada di sela-sela gigi akan dapat terjangkau dengan lebih mudah.

Menggunakan mouthwash. Cara membersihkan gigi selanjutnya agar lebih efektif adalah dengan menggunakan mouthwash. Hal ini dilakukan untuk proteksi tambahan dan cara menghilangkan ekstra setelah menyikat gigi dengan pasta gigi fluoride dan flossing.

Hindari atau kurang merokok. Anda pasti sudah paham bahaya merokok. Selain dapat memicu penyakit mematikan, zat-zat berbahaya yang ada dalam rokok dapat menimbulkan karang gigi yang jauh lebih sulit dibersihkan jika dibandingkan dengan karang gigi yang dihasilkan oleh sisa-sisa makanan.



KARANG GIGI BERDAMPAK BURUK BAGI KESEHATAN

Karang gigi yang tidak segera dihilangkan sebenarnya berdampak buruk terhadap kesehatn, disamping tentunya membuat kita tidak PD. Berikut ini adalah beberapa akibat dari adanya karang gigi :

1. Jika karang gigi tidak dibersihkan bisa menyebabkan peradangan pada gusi atau yang disebut gingivitis. Peradangan yang semakin parah membuat gusi sangat mudah berdarah,  bahkan bisa jadi perdarahan secara spontan.

2. Gingivitis yang tidak ditangani maka akan berlanjut ke periodontitis, di mana terjadi peradangan hingga menyebar ke bagian tulang alveolar gigi. Pada kondisi peradangan di bagian ini, maka gigi akan goyang dan bisa tanggal sendiri.

3. Menurut penelitian, periodontitis jika terjadi secara berkelanjutan berhubungan dengan terjadinya anemia. Itu sebabnya penangnan karang gigi menjadi penting untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit di luar gigi. Bahkan, bakteri pada karang gigi yang masuk ke gusi dan mengikis jaringan penyangga tubuh bisa menyebar ke organ-organ lain seperti ke organ jantung.

4. Selain itu, permasalahan yang dapat timbul adalah bau mulut (halitosis). Bau mulut karena karang gigi terjadi karena plak bercampur dengan sisa makanan yang tidak tersikat bersih saat menggosok gigi sehingga pembusukan terjadi dalam rongga mulut.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->