-->

Anatomi Gigi Manusia Besrta Gambar Dan Fungsinya Lengkap

Anatomi gigi manusia beserta gambarnya berikut ini akan memperjelas pemahaman kita tentang bagian - bagian gigi dan fungsinya.


ANATOMI GIGI MANUSIA

Mungkin tidak pernah terlintas di pikiran kita, ternyata gigi yang kita kenal sebagai organ keras, juga memiliki anatomi yang masing - masing memiliki fungsiyang penting dalam menunjang peranan gigi sebagai bagian dari mulut yang merupakan organ pencernaan. Anda bisa melihat gambar anatomi gigi manusia lengkap di bawah ini.

Anatomi gigi manusia membuktikan bahwa gigi dapat bekerja sebagai mana mestinya jika masing - masing bagiannya terjaga kesehatannya dan tidak terganggu fungsinya.

Berikut ini adalah gambar anatomi gigi manusia lengkap :

anatomi gigi manusia beserta gambar lengkap
Berdasarkan gambar anatomi gigi manusia di atas, di bawah ini adalah penjelasan masing - masing bagiannya beserta fungsinya :

  • Enamel atau email adalah bagian paling luar yang berwarna putih. Lapisan ini sangat keras sehingga mampu menghancurkan makanan yang terjepit diantara gigi atas dan bawah. Email ini juga membuat gigi kita putih bersih sehingga terlihat cantik. Fungsi email ini adalah sebagai pelindung, kemudian semakin ke bawah maka email gigi akan semakin tipis hingga akhirnya hilang ketika memasuki akar gigi. Baca juga : apa itu gigi sensitif
  • Crown atau mahkota gigi adalah bagian gigi yang terlihat atau tidak menancap di dalam gusi dan tulang rahang. Email tadi letaknya juga di mahkota gigi ini.
  • Root atau akar gigi adalah bagian gigi yang menancap di dalam gusi dan tulang rahang. Setiap gigi memiliki jumlah akar yang berbeda, tergantung dari posisinya. Gigi geraham memiliki jumlah akar paling banyak karena beban kerjanya memang paling berat.
  • Dentin adalah bagian yang terletak di dalam gigi, stukturnya seperti tulang. Ia bisa tumbuh jika mengalami kerusakan. Dentin ini berasal dari jaringan mesoderm dan berfungsi untuk menopang struktur gigi secara keseluruhan.
  • Rongga Gigi (Pulpa), yaitu suatu jaringan lunak pada tengah gigi yang berbentuk rongga dan terisi oleh pembuluh darah dan pembuluh saraf. Pulpa mempunyai fungsi untuk memberikan nutrisi pada gigi karena mempunyai pembuluh darah, juga berfungsi untuk mengidentifikasi jika terdapat zat asing dalam gigi karena mempunyai pembuluh saraf. Pulpa juga berfungsi untuk membentuk suatu lapisan dentin.
  • Cementum atau Sementum adalah bagian gigi yang berada diantara akar gigi dan jaringan periodontal yang menempel pada tulang rahang. Fungsinya seperti perekat gigi supaya tidak goyang-goyang. Sementum juga bertugas memberikan supply makanan berupa phospor ke gigi.
  • Periodontal Ligamen atau Ligamen Periodontal adalah jaringan lunak antara tulang rahang dan gigi. Dia memiliki fungsi seperti shock breaker atau peredam getaran sehingga gigi tidak membentur tulang rahang secara langsung.
  • Syaraf bertugas menyalurkan informasi dari gigi ke otak, sedangkan pembuluh darah bertugas menyuplai darah yang berisi nutrisi dan oksigen ke gigi sehingga gigi tetap hidup. Baca juga : cara mengobati sakit gigi


JENIS MACAM GIGI

Setelah pada bagian atas kita mempelajari gambar anatomi gigi lengkap manusia, sebagai tambahan ... berikut ini kami uraikan jenis atau macam gigi :

1. Dentis insisivus atau gigi seri

Salah satu macam gigi adalah gigi seri atau yang dikenal juga dengan istilah dentis insisivus. Gigi seri ini memiliki satu akar. Fungsinya adalah untuk mengerat makanan dan memotong makanan. Bisa juga digunakan untuk memotong atau mengerat benda lainnya. Gigi ini berada di posisi paling depan. Posisinya tegak dan memiliki tepian yang tajam.

2. Dentis kaninus atau gigi taring

Macam gigi lainnya adalah gigi taring atau yang dikenal juga dengan istilah dentis kaninus. Gigi taring ini juga memiliki satu akar. Fungsinya adalah untuk mengoyak makanan dan benda lainnya. Gigi taring ini bentuknya tegak, namun ujungnya lebih runcing dan lebih tinggi daripada gigi seri.

3. Pramolar atau geraham depan

Gigi selanjutnya adalah gigi pramolar atau geraham depan. Sebenarnya ada beberapa jenis Gigi Geraham dan Fungsinya juga berbeda. Gigi geraham depan ini memiliki dua akar. Fungsinya adalah untuk menginyah makanan atau menggilas makanan. Bentuk gigi geraham depan lebih besar daripada gigi seri dan taring. Posisinya juga lebih rendah. Permukaannya lebih rata dan memiliki benjolan. Baca juga : pijat sakit gigi

4. Molar atau geraham belakang

Setelah geraham depan, ada juga geraham belakang atau yang disebut sebagai molar. Gigi geraham belakang ini memiliki tiga akar gigi. Fungsi gigi molar adalah untuk menghancurkan makanan, melumat, sekaligus menghaluskannya. Gigi ini ukurannya juga lebih besar daripada gigi geraham depan. Gigi geraham inilah yang sering mengalami masalah Gigi Berlubang Besar karena fungsinya yang lebih berat dan posisinya yang sulit dibersihkan oleh sikat gigi. Baca juga : penyebab sakit gigi

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->