-->

Cara Merawat Gigi Berlubang Dengan Benar

Cara merawat gigi berlubang berikut ini layak anda coba, efektiktif dan terbukti berhasil.

Gigi berlubang merupakan kondisi penyakit gigi yang tergolong populer karena banyak sekali penderitanya. Menderita sakit gigi berlubang tidak datang secara tiba - tiba, pada umumnya lebih sering disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Kalau sudah begini baru deh ingat cara merawat gigi yang benar agar tidak terkena sakit gigi. Namun jika sudah berlubang, anda tidak perlu khawatir, di bawah ini ada cara merawat gigi berlubang yang terbukti efektif.

Cara merawat gigi berlubang sebenarnya tergantung pada kondisi gigi itu sendiri apakah lubangnya sudah besar atau masih kecil. Ada tindakan tertentu yang perlu dilakukan terhadap gigi yang berlubang tersebut. Lalu bagaimana sih langkah - langkah cara merawat gigi berlubang? Baca juga : cara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh



 

CARA MERAWAT GIGI YANG BERLUBANG

Bagaimana cara merawat gigi berlubang?  Perawatan gigi berlubang secara umum dapat dilakukan dengan dua cara yang meliputi penambalan gigi berlubang atau pencabutan gigi berlubang. Penambalan atau pencabutan gigi ini harus dilakukan karena gigi yang berlubang dapat menjadi sumber infeksi yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit lain yang bersifat sistemik. Oleh karenanya Perawatan gigi berlubang tetap harus dilakukan meskipun ketika gigi berlubang sudah tidak menimbulkan rasa sakit.


Penambalan Gigi Berlubang

Cara merawat gigi berlubang yang pertama ini memungkinkan untuk dilakukan. Gigi berlubang sangat rentan terhadap infeksi bakteri, untuk gigi berlubang yang superficial atau permukaan, penambalan gigi dapat dilakukan segera setelah keluhan sakit gigi berkurang. Sedangkan untuk gigi berlubang yang deep atau dalam, sebelum dilakukan penambalan terlebih dahulu harus dilakukan perawatan endodontic atau root canal treatment terhadap saluran akar gigi yang bertujuan untuk membersihkan saluran akar gigi agar menjadi steril dan terbebas dari infeksi bakteri. 



Pencabutan Gigi Berlubang

Gigi berlubang besar atau yang menembus hingga ke vulva yang memiliki banyak saraf dan pembuluh darah sebaiknya dilakukan tindakan khusus berupa pencabutan gigi.




 

LAKUKAN INI UNTUK MERAWAT GIGI BERLUBANG

Disamping tindakan penambalan dan pencabutan gigi, sebagai tambahan ...  berikut ini adalah langkah yang perlu dilakukan dalam cara merawat gigi berlubang :

1. Hindari makanan ini.

Diketahui ada beberapa makanan yang bisa menimbulkan rasa sakit pada gigi yang telah berlubang. Makanan yang dimaksud adalah makanan yang terlalu panas atau dingin, makanan manis ataupun makanan yang memiliki bumbu terlalu pekat seperti misalkan makanan yang mengandung santan dan lain sebagainya.

2. Jaga kebersihan gigi dengan menggosok gigi

Menggosok gigi merupakan cara perawatan gigi yang paling umum dan sangat dianjurkan. Gigi berlubang yang anda alami ini mungkin saja disebabkan karena anda sering melupakan jadwal menggosok gigi, dimana jadwal menggosok gigi seharunya yaitu 2 kali dalam sehari. Oleh sebab itu, agar gigi berlubang tidak semakin parah maka hal yan perlu anda lakukan yaitu menggosok gigi dengan rutin. Bahkan nyeri yang dirasakan pun bisa dicegah dengan jika anda menggsok gigi secara rutin. Baca juga : cara menyikat gigi yang benar

3. Menggunakan pasta gigi khusus

Untuk penderita gigi berlubang, biasanya disarankan untuk menggunakan pasta gigi khusus untuk menangani masalah tersebut. Pasta gigi yang dikhususkan untuk gigi berlubang biasanya akan lebih banyak mengandung kalsium dan xylitol agar bisa memperbaiki email atau bagian gigi yang rusak, sehingga dengan begitu rasa sakit pun tidak akan menghampiri.

4. Mengkonsumsi sumber kalsium

Mengkonsumsi sumber kalsium adalah sala satu cara tepat untuk menjaga dan merawat gigi berlubang. Merawat gigi berlubang dengan cara ini akan lebih maksimal jika dilakukan dengan perawatan yang intensif. Mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung kalisum tinggi ini dapat membantu serta mendukung perbaikan gigi secara internal. Sumber makanan berkalisum tinggi diantaranya yaitu, telur, susu serta multivitamin berkalsium lainnya. 

cara merawat gigi berlubang



MERAWAT GIGI BERLUBANG DENGAN BAHAN ALAMI

Berikut ini ada beberapa cara merawat gigi berlubang dengan bahan alami, anda bisa memilih salah satu :

1. Kunyit

Bahan alami lainnya yang dapat Anda gunakan sebagai cara merawat gigi berlubang adalah kunyit. Di luar kegunaannya sebagai zat pewarna alami untuk kuliner, manfaat kunyit sangat besar di antaranya mengandung zat anti bakteri dan anti peradangan yang dapat membuat gusi tetap sehat. Di sisi lain, kedua zat tersebut dapat menghambat pertumbuhan bakteri sehingga pengeroposan gigi dan gigi berlubang pun dapat dicegah. Baca juga : cara mengobati sakit gigi


Untuk menggunakannya, Anda dapat mengoleskan bubuk kunyit langsung pada gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit sebelum membasuhnya sampai bersih dengan air hangat. Pilihan lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencampur 1/2 sendok bubuk kunyit dengan minyak mustard kemudian oleskan di gigi dan gusi. Diamkan selama 10 menit kemudian ludahkan kembali. Anda dapat melakukan langkah tersebut satu atau dua kali dalam sehari selama setidaknya beberapa hari berturut-turut.

2. Berkumur dengan menggunakan air garam

Pada saat gigi berlubang anda terasa sakit, terlebih lagi menjadi membengkak maka hal yang bisa anda lakukan untuk meringankan rasa sakit yang dirasakan yaitu dengan berkumur menggunakan air garam hangat. Air garam ini dipercaya mampu menjadi anti-bakteri, dimana bakteri tersebut adalah salah satu faktor yang menyebabkan gigi menjadi berlubang dan sakit.

Cara ini bisa anda lakukan dengan melarutkan 1 sendok garam dengan segelas air atau 250 cc air hangat. Untuk hasil yang lebih efektif anda bisa menambahkan air perasan jeruk ke dalam air garam ini.


3, Jeruk Nipis

Bagaimana cara merawat gigi yang berlubang dengan jeruk nipis? Jeruk nipisJeruk nipis banyak mengandung vitamin C atau senyawa asam sitrat. Asam sitrat inilah yang menyebabkan ketika digunakan akan terasa perih. Fungsi vitamin C sebagai antibiotik alami dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan membunuh kuman yang terdapat di gigi. Fitamin C juga dapat menghilangkan rasa nyeri di gigi ketika mengunyah makanan. Caranya cukup peras jeruk nipis dan airnya diteteskan pada gigi yang berlubang. Dilakukan sekitar 10-15 menit sampai rasa nyeri hilang. Kemudian berkumur dengan air hangat sampai bersih. jangan sampai tertelan karena mengandung banyak bakteri. Cara ini dilakukan secara teratur pada pagi dan malam hari menjelang tidur.


4. Cengkeh

Selain menjaga kebersihan gigi dan mulut, bahan-bahan alami atau tradisional juga dapat digunakan sebagai cara merawat gigi berlubang. Salah satu dari bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan adalah cengkeh. Cengkeh merupakan salah satu dari beberapa bahan penting yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah gigi dan mulut, salah satunya adalah gigi berlubang. Kandungan zat anti peradangan, pereda sakit, dan anti bakteri pada cengkeh membuatnya efektif digunakan untuk mengurangi nyeri dan mencegah lubang pada gigi bertambah lebar.

Cara memanfaatkan cengkeh untuk mengobati gigi berlubang cukup mudah. Larutkan 2 atau 3 tetes minyak cengkeh dengan seperempat sendok teh minyak wijen. Celupkan cotton bud pada campuran larutan tersebut dan usapkan pada gigi yang berlubang. Ulangi cara ini setiap malam sebelum Anda tidur. Cara lain adalah dengan mengunyah cengkeh utuh untuk membuatnya mengeluarkan minyak. Diamkan cengkeh tersebut di bawah lidah Anda selama beberapa menit.


5, Garam dan Lada

Garam mengandung yodium yang berfungsi meredakan rasa ngilu di gigi. Apabila lada dan garam digabungkan akan timbullah zat antibakteri, anti-inflamasi dan analgesic. Fungsi zat ini adalah mengurangi rasa nyeri akibat sensitivitas gigi. Juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan pada gigi berlubang.

Caranya campur lada dan garam dengan komposisi sama dan teteskan air hingga berbentuk pasta. Ramuan ini dioleskan di gigi yang sakit selama beberapa menit. Dapat dilakukan berkali-kali sampai rasa nyeri hilang.


6. Bawang putih

Bawang putih memang meninggalkan bau yang menyengat, namun khasiatnya sebagai salah satu cara merawat gigi berlubang sudah tidak diragukan lagi. Bawang putih kaya akan zat anti bakteri sehingga dianggap sebagai antibiotik alami. Sehingga, bawang putih sering direkomendasikan untuk mengatasi pengeroposan gigi dan gigi berlubang. Bawang putih juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri dan sangat mendukung dalam menciptakan lingkungan yang sehat untuk gigi dan gusi Anda. Baca juga : bawang putih obat sakit gigi
Cara mengolah bawang putih menjadi obat alami gigi berlubang adalah dengan menghaluskan 3 atau 4 siung bawang putih, kemudian campur dengan seperempat sendok teh garam. Aduk-aduk hingga kedua bahan tersebut tercampur merata. Kemudian, oleskan pada gigi yang berlubang. Diamkan selama kurang lebih 10 menit sebelum membilasnya dengan mouthwash. Lakukan cara ini dua kali dalam sehari selama beberapa minggu, maka Anda akan melihat gigi berlubang Anda mengalami perbaikan.


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->