-->

Susunan Struktur Gigi Manusia Beserta Gambarnya Dan Fungsinya

Struktur gigi manusia beserta gambarnya berikut ini akan memperjelas pemahaman kita tentang anatomi gigi manusia.

Mungkin tidak pernah terpikirkan oleh kita bagaimana sih sebenarnya susunan gigi manusia, justru yang kita pelajari selama ini adalah bagaimana cara merawat gigi, cara menyikat gigi, intinya agar gigi tetap sehat dan terhindar dari sakit gigi. 

Susunan dan strukktur gigi manusia sudah teratur sedemikian rupa sejak awal masih bayi hingga dewasa. Pada gambar struktur gigi manusia dapat kita lihat masing - masing bagian gigi dengan jelas.



STRUKTUR GIGI MANUSIA

Tentu anda bertanya - tanya bagaimana struktur gigi manusia secara normal. Gigi manusia yang sempurna dan terstruktur memiliki 4 lapisan, yaitu :

1. Email Gigi
Bagian dari struktur gigi manusia yang merupakan lapisan yang melapisi bagian mahkota gigi. Email gigi merupakan bagian sangat keras karena tersusun oleh kasium dengan konsentrasi yang sangat tinggi. Bagian email gigi paling keras terletak pada bagian mahkota yang fungsinya sebagai pelindung, kemudian semakin ke bawah maka email gigi semakin tipis hingga akhirnya hilang ketika memasuki akar gigi.

2. Tulang Gigi (Dentin)
Tulang gigi merupakan bagian dari struktur gigi manusia yang terdapat setelah lapisan email gigi pada mahkota dan terdapat setelah lapisan sementum pada akar gigi. Dentin memiliki struktur seperti tulang namun lebih keras, karena memiliki konsentrasi kalsium yang lebih tinggi, oleh karena itu ia sering disebut Tulang Gigi. Dentin merupakan struktur terluas pada gigi karena melapisi seluruh tubuh gigi, dari mahkota sampai akar.

3. Sementum Gigi
Dalam struktur gigi manusia terdapat sementum gigi, apa itu?  sementum gigi merupakan bagian gigi yang melapisi akar gigi. Sementum berfungsi untuk menghubungkan gigi dengan rahang tempatnya tumbuh. Struktur Sementum tidaklah sekeras email pada mahkota gigi. Semen akan semakin tebal seiring bertambahnya usia.

4. Rongga Gigi (Pulpa)
Ini juga bagian yang tidak asing lagi pada struktur gigi manusia. Bagian ini  merupakan jaringan lunak pada tengah gigi yang berbentuk rongga dan terisi oleh pembuluh darah dan pembuluh saraf. Pulpa berfungsi untuk memberikan nutrisi pada gigi karena memiliki pembuluh darah, juga berfungsi untuk mengidentifikasi apabila terdapat zat asing dalam gigi karena memiliki pembuluh saraf. Pulpa juga berfungsi untuk membentuk lapisan dentin.


susunan struktur gigi manusia beserta gambarnya



BAGIAN - BAGIAN SUSUNAN GIGI MANUSIA

Dari gambar susunan gigi manusia di atas jelas bukan, bagaimana anatomi gigi itu sebenarnya. Setiap gigi tersusun atas bagian-bagian sebagai berikut :
Puncak gigi atau mahkota gigi (korona), yaitu bagian yang tampak dari luar. Setiap jenis gigi memiliki bentuk mahkota gigi yang berbeda-beda.
Leher gigi (kolum), yaitu bagian gigi yang terlindung di dalam gusi dan merupakan batas antara mahkota dan akar gigi.
Akar gigi (radiks), yaitu bagian gigi yang tertanam di dalam rahang. Akar gigi yang menancap pada tulang rahang tersebut ada yang berjumlah satu dan dua.

Pada manusia dapat ditemui 4 (empat) macam gigi yang terdapat pada mulut disertai dengan arti definisi dan pengertian yaitu :
  • Gigi Seri (dentis insisivus) adalah gigi yang memiliki satu akar yang berfungsi untuk memotong dan mengerat makanan atau benda lainnya. merupakan gigi yang berada pada bagian depan.  Bentuknya tegak dengan tepi yang tajam, seperti; sekop atau tatah.
  • Gigi Taring (dentis kaninus) adalah gigi yang memilki satu akar dan memiliki fungsi untuk mengoyak makanan atau benda lainnya. Bentuknya lebih tinggi dan runcing.
  • Gigi Geraham Depan (pramolar) adalah gigi yang punya dua akar yang berguna / berfungsi untuk menggilas dan mengunyah makanan atau benda lainnya. Bentuk gigi ini lebih rendah dan lebih rata dengan benjolan-benjolan kecil. 
  • Gigi Geraham Belakang (molar) adalah gigi yang memiliki tiga akar yang memiliki fungsi untuk melumat, menghancurkan, menghaluskan dan mengunyah makanan atau benda-benda lainnya. 



TAHAPAN PERTUMBUHAN GIGI MANUSIA

Setelah di atas kita mempelajari tentang struktur gigi manusia beserta gambarnya, tidak ada salahnya jika kita juga membahas tentang bagaimana tahapan pertumbuhan gigi pada manusia. Sejak lahir hingga dewasa, manusia mengalami pertumbuhan gigi secara bertahap. 

Berikut ini adalah tahapan pertumbuhan gigi manusia :

1. Masa usia bayi (0-12 bulan)

Gigi susu mulai tumbuh sekitar usia 5 bulan. Makanan yang padat dapat diterima mulut pada usia 5-6 bulan. Mengunyah dimulai usia 6-8 bulan dan pertumbuhan gigi pertama pada bayi muncul sekitar usia 6-8 bulan.

2. Masa usia balita (1-3 tahun)

Dua puluh gigi susu telah ada, usia 2 tahun anak mulai menggosok gigi dan belajar praktik higienis dari orang tua. Pada usia 6 tahun, gigi balita mulai tanggal dan diganti gigi permanen. Anak mulai menginginkan menggosok gigi secara mandiri pada usia 2 tahun, akan tetapi anak tetap membutuhkan pengawasan orang tua.

3. Masa usia prasekolah (3-5 tahun)

Memasuki masa usia prasekolah, pertumbuhan gigi primer telah lengkap. Perawatan gigi pada masa ini sangat penting untuk memelihara gigi primer. Kontrol motorik halus pada masa ini sudah membaik, tetapi anak masih membutuhkan bantuan dan pengawasan orang tua dalam menggosok gigi.  Baca juga : pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut

4. Masa usia sekolah (6-12 tahun)

Gigi susu diganti dengan gigi permanen ada pada usia 12 tahun kecuali geraham kedua dan ketiga. Karies dan ketidakteraturan gigi dalam jarak gigi adalah masalah kesehatan yang penting.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->