-->

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Dengan Es Batu Yang Terbukti Efektif

Cara menyembuhkan sakit gigi dengan es batu terbukti efektif dan sudah banyak dibuktikan para penderita sakit gigi, dan sekarang layak anda coba.

Menyembuhkan sakit gigi dengan es batu mungkin kedengarannya aneh, karena ketika kita mengalami sakit gigi, minuman dingin justru akan membuat gig terasa linu. Itu memang benar jika kita menggunakan es untuk diminum, berbeda dengan hal tersebut ... ini adalah cara menyembuhkan sakit gigi dengan es batu yang efektif.

Selain bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan sakit gigi, es batu juga digunakan dalam hal penanganan cedera bola basket, dan ini merupakan prosedur standar dalam pertolongan pertama pada cedera pemain basket. Kembali ke soal cara mengobati sakit gigi, lalu bagaimana sih cara menyembuhkan sakit gigi dengan es batu?



KONDISI YANG MENIMBULKAN SAKIT GIGI

Sakit gigi memang begitu menyiksa, kalau sudah begitu kita baru teringat akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sebelum saya menjelaskan tentang cara mengobati sakit gigi dengan es batu, ada baiknya kita sedikit menyinggung beberapa hal yang menimbulkan sakit gigi.

Selain kerusakan gigi, sakit gigi dapat disebabkan oleh beragam kondisi berikut :

  • Gigi bengkak bernanah.
  • Tumbuh gigi.
  • Infeksi sinusitis yang membuat gigi terasa nyeri.
  • Trauma pada gigi akibat cedera.
  • Gerakan berulang seperti mengunyah permen karet atau menggeretakkan gigi.
  • Keretakan pada gigi atau akar gigi secara tiba-tiba.
  • Infeksi pada gusi atau akar gigi.
  • Penumpukan sisa makanan, terutama jika jarak antara gigi yang satu dengan yang lainnya cukup longgar.




CARA MENYEMBUHKAN SAKIT GIGI DENGAN ES BATU

Anda mengalami sakit gigi yang tidak sembuh - sembuh? Selain beberapa cara mengobati sakit gigi yang sudah dibahas pada halaman sebelumnya, masih ada cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat, yaitu dengan menggunakan es batu. Berikut ini adalah langkah - langkah cara menyembuhkan sakit gigi dengan es batu :

1. Tekanan dengan Es Batu pada Titik LI4

Cara menyembuhkan sakit gigi dengan es batu yang pertama ialah pada tekanan tertentu. Terkadang juga bisa membuat mulut kering jika anda melakukannya terlalu lama. Area tersebut dalam dunia kesehatan disebut dengan titik LI4 yaitu Large Intestine 4 yang menurut penelitian dapat digunakan untuk meredakan stres atau sakit di area wajah, kepala, serta area gigi. 

LI4 bisa ditemukan di tangan, antara jempol dan jari telunjuk. Itulah sebabnya area tersebut menjadi titik untuk meredakan sakit gigi. cara meredakan rasa sakit gigi saat gigi tumbuh pada anak juga bisa memanfaatkan es batu ya sobat. Jika telah menemukan titik LI4 pada jari anda, untuk mulai mengurangi sakit gigi anda, lakukan dengan langkah berikut :

  • Siapkan potongan es batu berbentuk dadu dengan perkiraan besar potongan sesuai jari anda.
  • Siapkan alas berupa handuk kering agar es batu yang mencair tidak mengotori baju atau ruangan anda.
  • Pastikan dalam posisi yang nyaman (dianjurkan dalam posisi duduk).
  • Letakkan es batu tepat pada titik LI4 dengan cara membentuk jari telunjuk dan jari jempol seakan membentuk huruf “V”
  • Berikan tekanan ringan pada titik tersebut. Hal ini dapat dipercaya mampu mengirimkan sinyal dingin dan mengurangi rasa sakit pada gigi.
  • Gosok gosokkan selama kurang lebih 5 sd 10 menit hingga rasa sakit berangsur menghilang.
  • Cara ini dilakukan pada tangan yang sama dengan gigi yang sakit, misal sakit gigi berada pada gigi sebelah kanan maka berikan tekanan dan lakukan cara cara di atas pada tangan kanan, dan sebaliknya. Jika cara ini ternyata masih belum maksimal, maka anda bisa menggunakan cara terapi gigi sakit untuk lebih memaksimalkannya.

2. Mengompres Pipi dengan Es Batu

Cara menyembuhkan sakit gigi dengan es batu selanjutnya adalah dengan melakukan kompres secara tidak langsung, cara ini bisa diterapkan oleh anda yang memiliki gigi sensitif atau pun gigi hipersensitif, agar rasa dingin dari es batu tidak merasuk langsung menuju gigi anda, berikut cara cara nya :

  • Siapkan es batu berbentuk potongan kecil.
  • Siapkan alas berupa handuk kering agar es batu yang mencair tidak mengotori baju atau ruangan anda.
  • Usahakan berada dalam posisi duduk agar air dari es batu tidak masuk ke dalam telinga.
  • Letakkan es batu di pipi yang berada tepat di depan gigi anda yang sakit, tempelkan dengan erat hingga rasa dingin dari es batu terasa ke dalam gigi anda. jangan lupa letakkan alas di bawah pipi anda agar air es batu tidak membasahi pakaian anda.
  • Lakukan selama kurang lebih 10 menit.
  • Jika cara ini terlalu lama dilakukan akan membuatkulit pipi anda terasa kaku dan sedikit memerah tetapi hal itu tidak menetap dan akan kembali dengan sendirinya ketika es batu dilepaskan dari pipi.



cara menyembuhkan sakit gigi dengan es batu




HINDARI MAKANAN DAN MINUMAN INI

Agar cara menyembuhkan sakit gigi dengan es batu di atas bekerja dengan efektif, anda juga wajib menjaga masalah makanan dan minuman yang harus dihindari. Ada beberapa hal yang berkaitan dengan gigi berupa makanan dan minuman yang perlu anda hindari seperti berikut ini :

1. Makanan yang terasa manis

Untuk menyembuhkan sakit gigi anda, makanan yang rasanya manis memang menjadi pantangan anda. Segala makanan yang mengandung rasa manis sangat di larang bagi penderita sakit gigi dan juga gusi bengkak. Hal ini dikarenakan makanan ini hanya akan memicu sakit gigi menjadi semakin parah. Adapun rasa gula yang berlebih akan membuat gusi menjadi semakin bengkak. Itu mengapa makanan manis tidak baik untuk penderita sakit gigi. Adapun jenis makanan seperti ini yaitu : cokelat, kue, dodol, permen, dan makanan manis lainnya.

2. Makanan atau minuman terlalu dingin

Minuman yang dingin memang terasa lebih segar, namun hindari ini jika anda mengalami sakit gigi. Memang cara menyembuhkan sakit gigi dengan es batu di atas menjadi solusi, namun bukan berarti anda harus mengkonsumsi makanan dan minuman dingin.  Makanan ataupun minuman yang bersifat dingin atau mengandung es akan membuat rasa sakit pada gigi kambuh lagi, apalagi jika kita memiliki gigi sensitif. Adapun jenis makanan yang memiliki kandungan bersifat dingin yaitu daging beku, es krim, cendol, pudding dingin dan makanan dingin lainnya. Baca juga : buah yang menyehatkan gigi

3. Makanan Asam

Mengkonsumsi makanan yang terasa asam akan membuat cara menyembuhkan sakit gigi dengan es batu di atas menjadi tidak efektif. Baik itu makanan ataupun minuman yang mengandung kadar asam yang tinggi menjadi pantangan bagi penderita sakit gigi. Kandungan zat asam pada makanan akan dengan mudah membuat gigi menjadi semakin sakit. Contohnya seperti makanan atau minuman yang mengandung zat asam yang cukup besar seperti diantaranya nanas, kedondong, yoghurt dan makanan yang bersifat sejenisnya.

4. Cuka

Makanan seperti empek-empek memang sangat sedap untuk di santap. Akan tetapi, makanan tersebut merupakan makanan yang di larang bagi penderita sakit gigi. Itu karena, cuka yang terdapat pada kuah empek-empek dapat mengikis email gigi. Dan hal itu akan mengakibatkan resiko sakit gigi akan menimbulkan bengkak pada gusi semakin membesar. Itu mengapa makanan pantangan sakit gigi ini di larang untuk di konsumsi. Baca juga : penyebab kerusakan email gigi

5. Makanan Keras

Bukannya menyembuhkan sakit gigi anda, makanan keras akan membuat sakit gigi anda menjadi bertambah parah. Makanan yang keras tentunya tidak di anjurkan bagi penderita sakit gigi, karena selain hanya akan memperparah gigi, apalagi jika gigi mengalami keretakan, makanan ini bukan hal yang tepat untuk di konsumsi bagi penderita sakit gigi. Adapun makanan yang bersifat keras yaitu seperti, kacang, permen, dan makanan keras lainnya.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->