-->

Ini Dia Penyebab Kerusakan Enamel Atau Email Gigi Anda

Penyebab kerusakan enamel atau email gigi berikut ini bisa menjadi perhatian buat anda untuk bisa hidup lebih sehat.

Seperti yang telah kami jelaskan pada halaman sebelumnya tentang pengertian enamel gigi dan fungsinya, sebagai pelindung gigi ... ternyata email gigi itu bisa mengalami kerusakan karena suatu hal. Tentunya ini mengakibatkan gigi sensitif bahkan sakit apabila bersentuhan dengan jenis makanan tertentu.


GEJALA KERUSAKAN ENAMEL GIGI

Gejalanya tergantung pada parahnya kehilangan dan kerusakan email gigi, tapi gejala-gejala itu termasuk:
  • Tingkat sensitivitas terhadap makanan-makanan tertentu seperti permen atau minuman panas atau dingin
  • Ujung gigi mulai transparan
  • Retak dan patah, dimana gigi menjadi kasar dan bergerigi
  • Warna memudar: ketika lapisan dalam dentin terekspos
  • Indentasi: lubang pada permukaan gigi

penyebab kerusakan enamel email gigi



PENYEBAB KERUSAKAN ENAMEL ATAU EMAIL GIGI

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kerusakan email gigi anda :

1. Menyikat Gigi Terlalu Keras
Kebiasaan pertama yang bisa membuat rusaknya email gigi adalah menyikat gigi dengan terlalu keras dan kencang. Menggosok gigi dengan rutin memang terlihat sangat baik. Tapi bila aktivitas ini dilakukan dengan kekuatan yang keras dan tekanan yang kencang maka hal ini bisa membuat mineral yang ada pada email gigi jadi terkikis dan rusak. Jika hal ini terjadi maka tentu saja dentin gigi akan jadi terbuka dan sensitif pada jenis makanan yang masuk. Maka dari itu, cobalah untuk menggosok gigi dengan perlahan atau pelan. Jangan lupa juga gunakan sikat gigi dengan bulu yang halus dan lembut.

2. Mengigit benda yang keras
Berikutnya, kebiasaan yang membuat email gigi rusak adalah seringnya menggigit benda yang keras. Sekuat-kuatnya gigi Anda, tentu kebiasaan ini pastinya akan membuat email gigi rusak secara perlahan. Gigi memang sejatinya hanya digunakan untuk mengunyah dan menggigit makanan saja, bukan pada benda-benda yang keras.

3. Minum minuman bersoda

Bagi Anda yang sering minum soda sebaiknya mulai hari Anda hentikan kebiasaan tersebut. Pasalnya minum minuman yang mengandung soda ini akan membuat email gigi Anda jadi rusak. Selain minuman soda, minuman lain seperti energy drink, jus jeruk, lemon dan anggur juga sebaiknya dihindari. Baca juga : cara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh

Selain hal - hal  di atas, kerusakan email atau enamel gigi juga bisa disebabkan karena konsumsi makanan tertentu. Berikut ini adalah beberapa makanan atau minuman yang menjadi penyebab kerusakan email atau enamel gigi :

1. Permen
2. Cokelat
3. Kue
4. Pasta
5. Kacang Almond
6. Acar
7. Selai Kacang
8. Buah Kering
9. Buah Jeruk
10. Pempek
11. Yoghurt
12. Roti
13. Keripik
14. Popcorn
15. Jagung Rebus
16. Daging
17.. Minuman Bersoda
18. Kopi
19. Minuman Isotonik
20. Es


TIPS MENCEGAH KERUSAKAN EMAIL ATAU ENAMEL GIGI

Setelah di atas kita membicarakan hal - hal yang merusak email gigi, ada baiknya jika kita membahas juga cara mencegah kerusakan pada email gigi, yang merupakan bagian dari cara merawat gigi. Berikut ini adalah beberapa cara praktis agar Anda terhindar dari kehilangan dan kerusakan email :
  • Kurangi makanan dan minuman berasam, termasuk minuman bersoda dan jus buah, buah sitrus dan cuka. Jika Anda mengonsumsinya, ikuti dengan minum banyak air putih.  Baca juga : cara memperkuat email gigi
  • Menyeruput minuman berasam melalui sedotan. Hal ini membuat air langsung ke belakang mulut dan jauh dari gigi.
  • Memperhatikan camilan Anda. Camilan bergula atau bertepung di antara waktu makan adalah makanan bagi bakteri di mulut, yang kemudian akan memproduksi asam. Makanlah sesuatu yang lebih sehat atau menyikat gigi Anda setelah makan camilan (tapi tunggu setidaknya setengah jam sebelum menyikat gigi).
  • Gunakan pasta gigi ber-fluoride. Sikat gigi Anda dua kali sehari dengan pasta gigi ber-fluoride. Baca juga : cara memilih pasta gigi yang baik
  • Gunakan pasta gigi yang mengandung hydroxyapatite. Sebagai tambahan dari fluoride, pastikan pasta gigi Anda memiliki bahan aktif hydroxyapatite, yang merupakan mineral kalsium yang ditemukan di gigi. Saat dikombinasikan dengan fluoride maka bahan ini akan membantu remineralisasi email gigi.
  • Jangan berlebihan. Menyikat gigi berlebihan akan menyebabkan kerusakan email dan gigi sensitif, jadi hindari menyikat gigi terlalu sering dan terlalu bersemangat. Baca juga : cara menyikat gigi yang benar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->