-->

Cara Mudah Memperkuat enamel Atau Email Gigi

Cara memperkuat email gigi berikut ini layak anda coba, apalagi jika saat ini anda mengalami masalah dengan enamel atau email gigi.

Kesehatan gigi sebenarnya memang penting sekali, namun tidak jarang kita sering melewatkan hal - hal tertentu yang sebenarnya menjadi keharusan untuk merawat gigi. Terkadang kita malah untuk gosok gigi pada malam hari sehingga bakteri di mulut berkembang menjadi masalah serius, misalnya sakit gigi berlubang. Baca juga : cara merawat gigi berlubang

Dalam mengkonsumsi makanan kita kadang tidak hati - hati sehingga merusak email gigi. Bahkan teknik menyikat gigi yang salah juga dapat merusak enamel atau email gigi. Jika begitu ... penting sekali mempelajari cara menyikat gigi yang benar. Jika email gigi sudah terlanjur rusak, pelajari tips di bawah ini, cara memperkuat email gigi.



CARA MEMPERKUAT EMAIL GIGI

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk memperkuat email gigi :

1. Cukupi asupan nutrisi. Badan Anda dapat menguatkan email yang lemah dengan sendirinya jika memiliki nutrisi yang diperlukan. Sayuran berdaun gelap, produk olahan susu, dan makanan kaya protein mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memperkuat email gigi. Minumlah air putih alih-alih soda dan jus buah.

2. Hati - hati dengan makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Jika anda ingin memperkuat email gigi anda, jangan lagi mengkonsumsi makanan atau minuman sembarangan. Jauhi makanan dan minuman bergula, berzat tepung, dan asam karena sebagian besar akan menumbuhkan bakteri di gigi dan berasam dan menyerang email gigi. Bakteri ini dapat menyebabkan perubahan warna, sensitivitas, dan gigi mengeras adalah tanda-tanda pengurangan email. 

3. Tambahkan perawatan remineralisasi pada rutinitas kesehatan gigi Anda. Gel remineralisasi dengan kalsium fosfat dan fluorida terlah teruji klinis dapat membantu pembentukan dan memperkuat email gigi. Beberapa dokter gigi menawarkan perawatan remineralisasi atau Anda dapat melakukannya di rumah. Anda dapat menyikat gel remineralisasi di gigi atau membubuhkannya di wadah pemutih gigi dan pasang ke gigi Anda. Inilah cara terbaik untuk menutupi semua permukaan gigi dengan gel.

4. Memilih pasta gigi yang baik. Gunakan pasta gigi dan obat kumur yang mengandung fluorida dan pengeras email gigi saat membersihkan gigi setiap hari. Fluorida dapat digunakan dalam bentuk air berfluorida, dan pasta gigi atau obat kumur. Gosoklah gigi dengan benar menggunakan sikat gigi berbulu halus dalam gerakan cepat dan melingkar selama 2 menit. Baca juga : cara menyikat gigi yang benar

5. Kunyah permen karet bebas gula. Mungkin anda bertanya - tanya, cara memperkuat email gigi kok pakai permen karet? Permen karet memicu produksi air liur, sedangkan email gigi tidak terkikis karena permen karet yang dikonsumsi bebas gula. Kunyahlah xylitol untuk menguatkan email gigi Anda.


cara memperkuat email enamel gigi


Disamping langkah - langkah di atas, perlu juga membiasakan mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang berkhasiat memperkuat email gigi, seperti di bawah ini.


JENIS MAKANAN YANG MEMPERKUAT GIGI

Berikut ini beberapa jenis makanan yang menguatkan gigi, layak anda coba :

1. Bayam

Ini menjadi solusi cara meperkuat gigi yang mudah. Jika di lihat dari kebutuhan kalsium harian orang dewasa, bayam ini sudah memenuhi dimana bayam juga memiliki kandungan yang lain nya juga seperti serat, zat besi dan juga vitamin A. Dalam memenuhi kesehatan gigi anda maka konsumsilah dengan sewajarnya dan selain anda makan makanan yang menguatkan gigi anda, anda juga wajib menjaga kebersihan gigi anda dengan cara membersihkan gigi secara teratur.

2. Sawi

Jika anda mengkonsumsi sawi dalam keseharian anda yang sudah anda masak maka anda juga sudah memiliki 25% kalsium yang juga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda. Anda bisa mengkonsumsi sawi ini sebagai sayur yang akan anda makan bersamaan dengan makanan pokok dan lauk pauk yang anda sukai lainnya. 

Apabila anda sudah selesai mengkonsumsi sawi, untuk menjaga kekuatan gigi anda maka segeralah menyikat gigi anda agar sisa sisa makanan yang ada dalam mulut anda bisa bersih dan tidak menimbulkan kuman yang akan membuat gigi anda rusak dan menimbulkan masalah baru. Gigi yang kuat dan sehat juga tergantung dari kita dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut kita.

3. Keju

Jika anda mengkonsumsi sekitar 1,5 ons dari keju cheddar maka anda sudah bisa memenuhi kalsium harian yang di butuhkan oleh tubuh anda sebanyak 30%. Keju memiliki kandungan kasein, kandungan kasein ini yang akan membantu untuk menguatkan permukaan gigi anda, selain itu gigi juga akan membantu mencegah pembusukan dalam gigi anda. 

4. Kacang Kacangan

Kacang kacangan yang memiliki kandungan nutrisi dan juga sangat penting bagi kesehatan anda. Kesehatan gigi juga berasal dari kesehatan tulang gigi. Jika tulang gigi sehat maka gigi anda juga akan ikut sehat. Sehingga jika anda ingin memiliki gigi dan tulang gigi yang sehat maka anda bisa mengkonsumsi kacang kacangan seperti : Kacang Almond, Pistachios, Biji Bunga Matahari

5. Wortel

Ini bukan untuk memutih wajah juga bukan untuk dibuat masker wajah, namun untuk tujuan menguatkan gigi. Wortel sangat bagus untuk kesehatan gigi anda, selain itu wortel juga akan menjaga kesehatan mata anda. Karena wortel yang di sayur memiliki kandungan beta karoten alfa kriptosantin yang sangat bagus bagi kesehatan tulang gigi anda, khususnya untuk memperkuat gigi. Selain bagus untuk tulang gigi anda maka wortel juga memiliki beraneka ragam manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh anda, salah satu nya juga yang telah di sebutkan di atas yaitu untuk kesehatan mata anda. Baca juga : cara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh

6. Ceker Ayam

Manfaat ceker yaitu untuk menambah kekuatan fungsi tulang gigi anda. Dimana ceker juga memiliki kandungan yang beraneka ragam dan juga sangat berfungsi bagi tubuh anda, kandungan yang ada di dalam ceker yaitu : Hidroksiapatit, Kalsium, Kolagen

7. Sayuran

Asupan sayur yang anda konsumsi akan sangat membantu tubuh anda untuk memperkuat tulang termasuk tulang gigi anda dan akan mempromosikan pertumbuhan dari tulang anda serta akan mencegah hilangnya kalsium dari dalam tubuh anda.

8. Apel

Perlu anda ketahui juga bahwa kulit apel ternyata juga memiliki fungsi lain untuk gigi anda yaitu mencegah kerusakan gigi anda, agar gigi anda tidak berlubang. Mengunyah apel yang langsung bersamaan dengan kulitnya akan membuat gigi anda menjadi lebih putih dan sehat.

9. Biji Wijen

Biji wijen merupakan makanan yang juga memiliki fungsi yang bagus untuk kesehatan tubuh kita. Dimana biji wijen memiliki banyak kalsium, kalsium yang ada pada wijen akan membantu menjaga kesehatan gigi anda agar gigi sehat dan tentunya gigi anda akan kuat. Selain menyehatkan dan menguatkan gigi, maka biji wijen ini yang akan melarutkan plak yang sudah terbentuk dan juga akan membangun enamel gigi anda.

10. Yogurt

Yogurt jika anda konsumsi berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan gigi anda, sehingga anda dalam mengkonsumsi makanan yang menguatkan gigi anda, anda juga harus menakar konsumsinya. Jika anda terlalu memakan yang berlebihan maka yang awalnya ingin membuat gigi anda kuat tetapi malah membuat gigi anda bermasalah yang bisa keropos atau bisa juga berlubang.

11. Ikan Salmon

Mungkin anda bertanya - tanya kenapa ikan salmon bisa menguatkan gigi. Ikan yang sering kita jumpai jika kita datang atau mengunjungi suatu supermarket, dimana ikan ini sangat segar dan sangat bermanfaat untuk kesehatan gigi anda. Jika anda mengkonsumsi ikan ini dengan sesuai kebutuhan anda maka akan membuat gigi anda kuat dan sehat, selain itu akan membuat kebutuhan keseharian anda bisa seimbang. 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->