-->

Pengertian Apa Itu Email Atau Enamel Gigi Dan Fungsinya

Email gigi atau enamel gigi, apakah itu? simak definisi, pengertian dan fungsi serta penjelasannya berikut ini.

Mungkin kita sudah sering mendengar istilah email gigi atau enamel gigi, yang jelas ini adalah berkaitan erat dengan gigi. Intinya, dalam anatomi gigi manusia ... email gigi merupakan bagian dari gigi yang memiliki fungsi penting. Lalu apa sih sebenarnya pengertian email gigi itu dan apa fungsinya pada setiap gigi?


PENGERTIAN EMAIL ATAU ENAMEL GIGI

Email atau enamel gigi adalah lapisan luar gigi yang bisa dilihat.  Lapisan ini mengandung 5% air dan 95% zat inorganik hidroksi apalit (senyawa kalsium fospat) dan zt organik (protein dan mukopolisakarida).  Enamel merupakan bagian paling terkuat dalam tubuh manusia. Bagian ini bahkan lebih kuat daripada tulang. Akan tetapi, enamel rentan dengan asam dan penumpukan bakteri. Enamel bisa menjadi larut atau rusak jika terkena zat tersebut.

Dari pengertian email gigi di atas bisa diketahui, ternyata email atau enamel gigi juga bisa rusak jika terkena bahan makanan tertentu. Tentunya kita perlu memahami cara merawat gigi dengan sebaik - baiknya, termasuk perlu juga memahami cara menyikat gigi yang benar, agar terhindar dari masalah gigi, misalnya sakit gigi. Baca juga : cara mengobati sakit gigi


pengertian apa itu enamel atau email gigi



FUNGSI ENAMEL ATAU EMAIL GIGI

Setiap bagian - bagian gigi tentu memiliki fungsi masing - masing dalam mendukung kerja gigi. Berikut ini adalah fungsi email gigi yang perlu kita ketahui :

  • Enamel berfungsi untuk melindungi gigi dari kerusakan. Ketika mengunyah gigi berisiko untuk rusak karena adanya aktivitas mengunyah makanan.
  • Saraf-saraf di gigi sensitif terhadap suhu, makanan panas atau dingin dapat menyebabkan gigi sakit. Akan tetapi, enamel akan membuat gigi tidak akan sakit ketika seseorang makan atau minum sesuatu yang panas atau dingin. 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->