-->

Mengenal Pengertian Definisi Gigi Pada Manusia

Pengertian dan definisi gigi berikut ini akan memperjelas pemahaman kita tentang  gigi manusia.


PENGERTIAN / DEFINISI GIGI

Mungkin tidak pernah terlintas pada pikiran kita untuk mempelajari anatomi gigi kita. Padahal gigi merupakan bagian dari tubuh kita yang memiliki fungsi dan peranan yang penting dalam hidup sehari hari. Itulah kenapa penting sekali bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara merawat gigi yang benar agar tetap tejaga kebersihan dan kesehatannya sehingga terhindar dari permasalahan gigi seperti sakit gigi atau karang gigi. Lalu apa sih pengertian gigi itu sebenarnya?

Pengertian gigi secara sederhana, gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut yang fungsinya adalah untuk merobek dan mengunyah makanan, dan pada beberapa hewan, terutama karnivora, gigi dapat difungsikan sebagai senjata. Baca juga : cara menyikat gigi yang benar

STRUKTUR GIGI DAN FUNGSINYA

Setelah di atas kita mengulas tentang pengertian gigi, ada baiknya juga kita mempelajari tentang struktur gigi seperti di bawah ini :

  • Gigi memiliki dua bagian anatomi. Mahkota gigi adalah bagian dari gigi yang ditutupi dengan email dan ini adalah bagian yang biasanya terlihat di mulut.
  • Akar adalah bagian tertanam dalam rahang. Ini sebagai jangkar gigi dibagian dalam soketnya tulang dan biasanya tidak terlihat.
  • Enamel Lapisan luar yang keras dari mahkota. Enamel adalah zat yang paling keras dalam tubuh.
  • Dentin Tidak sekeras Email, membentuk sebagian besar gigi dan dapat sensitif jika perlindungan Email hilang.
  • Pulpa jaringan lunak yang berisi darah dan saraf pasokan untuk gigi. Pulpa memanjang dari mahkota ke ujung akar.
  • Sementum Lapisan jaringan tulang seperti menutupi akar. Hal ini tidak keras seperti Email.
pengertian definisi gigi manusia

MACAM GIGI PADA MANUSIA

Gigi manusia dibedakan menjadi 4 macam gigi yang terdapat dimulut berdasarkan bentuknya. Macam-macam gigi manusia serta fungsinya antara lain sebagai berikut...

  • Gigi seri (identis insisivus) adalah gigi yang terdiri satu akar yang berfungsi untuk memotong dan mengerat makanan atau benda lainnya. Gigi seri berada pada bagian depan dengan bentuk yang tegak dan tepi yang tajam. Seperti sekop atau tatah.
  • Gigi taring (identis kaninus) adalah gigi yang terdiri satu akar yang berfungsi untuk mengoyak makanan atau benda lainnya. Bentuk dari gigi taring adalah tinggi dan runcing.
  • Gigi geraham depan (pramolar) adalah gigi yang terdiri dari dua akar yang berfungsi untuk menggilas dan mengunyah makanan atau benda lainnya. Bentuk gigi gerahan depan adalah lebih rendah dan lebih rata dengan benjolan-benjolan kecil.
  • Gigi gerahan belakang (molar) adalah gigi yang terdiri dari tiga akar yang berfungsi untuk melumat, menghancurkan, menghaluskan dan mengunyah makanan atau benda-benda lainnya.Baca juga : cara membersihkan karang gigi

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->