-->

Manfaat Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

Pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, hindari akibat buruk tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Kesehatan begitu mahalnya ketika seseorang terserang sakit gigi, apapun upaya yang dilakukan ... berbagai cara mengobati sakit gigi sudah dipraktekkan, tidak mendatangkankan kesembuhan dengan instan dan sempurna. Kalau sudah begini barulah kita menyadari manfaat pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kalau sudah begini kita baru mengingat bagaimana cara merawat gigi, bagaimana seharusnya menyikat gigi yang benar, juga cara mencegah sakit gigi yang wajib dilakukan. Intinya kesehatan gigi dan mulut wajib kita perhatikan.

Manfaat menjaga kesehatan gigi dan mulut tentunya agar kita terhindar dari segala kondisi buruk yang menimpa organ gigi dan mulut kita. Tanpa kita sadari sebenarnya kesehatn gigi akan berpengaruh pada kesehatan mulut juga, bahkan kesehatan gigi dan mulut akan berpengaruh pada kesehatan seluruh tubuh.



MANFAAT PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT

Sebagai organ penting sudah selayaknya kesehatan gigi dan mulut mendapatkan perhatian serius. Berikut ini adalah beberapa manfaat pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut :

1. Terhindar dari penyakit gigi.

Penyakit apapun bisa menimpa jika kita tidak menjaga kebersihan dan kesehatan organ tubuh, termasuk gigi kita. Dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut kita akan terhindar keluhan sakit gigi. Jika hingga saat ini anda belum pernah menderita sakit gigi, amit - amit deh ... jangan sampai terjadi. Untuk itulah jangan sampai terjadi. Jagalah kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut sejak dini dan menjadi kegiatan rutin kita. Baca juga : cara mengobati sakit gigi

2.Lebih PD dan bebas berekspresi

Pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut selanjutnya adalah bisa membuat kita lebih percaya diri. Jika anda memiliki gigi dan mulut yang sehat, kamu akan dapat mengekspresikan dirimu dimanapun, kapanpun dan kepada siapapun tanpa takut malu atau terganggu. Misalnya dalam hal berakting, dengan memiliki gigi dan mulut yang sehat, kamu tak akan malu lagi untuk memperlihatkan gigi anda di depan umum kan?

Bagaimana bila kondisi mulut atau gigi kamu sedang tidak  baik? Tentu akan malu kan dan cenderung menutup diri agar tidak diketahui oleh orang lain kan?  Nah, begitupun dengan aktivitas yang lain.

3. Bebas Beraktivitas

Dengan memiliki gigi yang sehat dan bersih, kamu akan bebas melakukan aktivitasmu tanpa ada gangguan dari dalam maupun luar. Kamu tak akan dapati gangguan dari dalam misalnya gigi kamu yang sakit, mulut kamu yang terasa kering, gigi kamu yang goyah atau sakit gigi yang dapat mempengaruhi aktivitas keseharianmu. Juga, tak akan dapati gangguan dari luar seperti cemoohan dari orang-orang mengenai masalah pada gigi anda.  Ini akan menjadi penjadi pelajaran betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

4. Nyaman dalam bergaul

Anda akan menyadari pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut ketika orang di sekitar kita menutup hidung mereka saat kita berbicara. Memiliki permasalahan pada gigi dan mulut, secara otomatis akan menjadi pembatas dan kendala dalam bergaul, karena orang di sekitar kita akan menjaga jarak. Pada saat mulut kita bau, orang akan menjadi tidak nyaman untuk berbicara dengan. Ini juga menjadi tidak nyaman buat kita untuk mendekati mereka.



DAMPAK TIDAK MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT

Anda tidak menjaga kesehatan gig dan mulut? sepertinya datangnya penyakit tinggal menunggu waktu saja. Karena segala keluhan sakit gigi dan permasalahan pada mulut bisa terjadi sebagai akibat kurangnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Baca juga : pengertian gigi sehat menurut WHO

Berikut ini adalah berbagai keluhan akibat tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut :



manfaat pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut



KESEHATAN GIGI BERPENGARUH PADA KESEHATAN SELURUH TUBUH 

Rongga mulut merupakan salah satu pintu masuk bakteri penyebab penyakit ke bagian tubuh lainnya. Bakteri pada rongga mulut ternyata dapat menyebar melalui aliran darah, yang disebut dengan bakteremia.

Jika kesehatan mulut Anda optimal, bakteri yang dapat masuk ke dalam aliran darah hanya sedikit dan tidak membahayakan tubuh. Namun jika kesehatan mulut Anda tidak dalam keadaan baik, maka jumlah bakteri yang akan masuk ke dalam aliran darah meningkat dua hingga sepuluh kali lipat. Hal tersebut dapat meningkatkan peluang terjadinya bakteremia menjadi lebih besar.

Tanpa kebersihan mulut yang tepat, bakteri juga dapat mencapai tingkat yang menyebabkan infeksi mulut, seperti kerusakan gigi dan penyakit gusi. Bahkan, teori fokal infeksi menyebutkan bahwa infeksi pada rongga mulut bertanggung jawab pada terjadinya tiga penyakit sistemik, yaitu penyakit kardiovaskuler, diabetes melitus, dan aterosklerosis.  Itulah akibatnya jika kita mengabaikan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Beberapa penyakit yang terjadi akibat kesehatan gigi dan mulut yang buruk adalah:

  • Penyakit gusi, yang meskipun ringan namun dapat menjadi lebih buruk keadaannya jika tidak ditangani secara tepat. Penyakit gusi atau penyakit periodontal dapat menyebabkan hilangnya gigi, infeksi, dan komplikasi lainnya.
  • Peradangan pada bagian dalam jantung, disebut endokarditis. Penyakit ini terjadi sebagai akibat adanya bakteri dalam mulut yang terbawa aliran darah melalui gusi yang berdarah.



MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT

Menyadari manfaat pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, mulai sekarang kita perlu melakukan tindakan nyata untuk menjaga kesehatan.  Bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut?  Mengingat pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulu, maka Anda dianjurkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah:

  • Sikat gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi ber-fluoride
  • Makan makanan yang sehat, hindari konsumsi makanan yang mengandung manis/asam secara berlebihan
  • Ganti sikat gigi setidaknya tiga atau empat bulan sekali
  • Jangan merokok
  • Periksa kesehatan gigi dan mulut secara rutin setidaknya enam bulan sekali ke dokter gigi
  • Kesehatan gigi yang baik merupakan kombinasi dari perawatan sehari-hari yang tepat dimulai dari menggosok gigi dan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut secara rutin ke dokter gigi setidaknya enam bulan sekali. Jadi, jika ingin memiliki kesehatan tubuh yang optimal, jangan lupa untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Karena, menjaga kesehatan mulut Anda adalah investasi dalam kesehatan Anda secara keseluruhan.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->