-->

Cara Paling Efektif Merawat Gigi Agar Tidak Berlubang

Cara merawat gigi agar tidak berlubang itu mudah dan sederhana asalkan dilakukan dengan konsisten.

Sudah saatnya merawat gigi mulai sekarang, jangan sampai anda merasakan sakitnya gigi berlubang. Diluar sana banyak sekali orang yang begitu menderita karena sakit gigi berlubang. Kalau sudah begitu, semua serba salah ... buat tidur sakit...buat aktifitas pun lebih sakit, sehingga bingung mencari cara mengobati sakit gigi yang manjur . Di bawah ini kami ulas bagaimana cara merawat gigi agar tidak berlubang.

Masalah gigi yang sering dialami banyak orang adalah masalah gigi berlubang yang kadang sedikit mengganggu penampilan Anda. Penyebabnya sering kali dari kebiasaan Anda yang suka mengonsumsi makanan dan minuman yang manis dan lengket. Disamping itu juga ada beberapa faktor lain yang menjadi pemicu gigi berlubang, intinya juga masalah pola hidup sehat. Lalu bagaimana sih cara merawat gigi agar tidak berlubang.



CARA MERAWAT GIGI AGAR TIDAK BERLUBANG 

Selain menyikat gigi dengan benar, juga flossing secara teratur, berikut ini adalah penjelasan lengkap cara merawat gigi agar tidak berlubang, sekaligus merupakan cara mencegah sakit gigi :

1. Nutrisi yang cukup.
Pastikan Anda mendapatkan cukup vitamin A, D, E, dan K dalam diet Anda, serta cukup kalsium, fosfor, magnesium, dan mineral penting lainnya. Vitamin - vitamin ini akan berperan dari dala, merawat gigi agar tidak berlubang. 

2. Rajin sikat gigi sebelum tidur.
Kita semua tahu bahwa idealnya harus menyikat gigi dua kali sehari. Tapi kita sering merasa lelah atau mengantuk di malam hari lalu tidak sikat gigi sebelum tidur. Padahal sikat gigi menjelang tidur wajib dilakukan untuk menghilangkan sisa partikel makanan di mulut Anda yang dapat membusuk dan merusak gigi di malam hari.

3. Minum Minuman Berkarbonasi Dengan Sedotan.
Ini menjadi bagian dari cara merawat gigi agar tigak berlubang, apa hubungannya?  Minuman berkarbonasi masih  melemahkan email gigi. Sebuah studi 2007,  menemukan bahwa minuman soda rasa, walaupun bebas gula, namun tetap berpotensi erosif karena sifat asamnya. Menyeruput dengan sedotan akan membantu menjaga asam jauh dari gigi Anda. 

4. Hindari merokok.
Merokok adalah salah satu kebiasaan terburuk bagi kesehatan gigi Anda. Tembakau membuat gigi kuning dan juga menjadi penyebab gigi berlubang. Apabila aktivitas merokok tidak juga dihentikan maka plak akan terus menumpuk dan mengakibatkan karies pada gigi.

5. Menggunakan sikat gigi berbulu.
Sebagian besar dari masyarakat banyak yang asal memilih sikat gigi. Padahal salah menggunakan sikat gigi saja bisa melukai gusi, juga merusak gigi. Untuk itu para dokter gigi selalu memberi anjuran untuk menggunakan sikat gigi yang berbulu lembut sehingga tidak melukai gusi Anda.

6. Teknik menyikat gigi.
Cara merawat gigi agar tigak berlubang juga berhubungan dengan teknik menyikat gigi yang anda lakukan. Orang sering menyikat gigi secara acak, mereka tidak mengikuti pola yang ditetapkan. Teknik yang benar adalah menyikat gigi dari atas ke bawah dan memutar. Menerapkan teknik yang salah bisa melukai gusi dan sisa makanan tidak hilang secara keseluruhan. Baca juga : memilih pasta gigi yang baik

7. Hindari Gula Halus. 
Makanan yang mengandung gula rafinasi lebih mungkin untuk menciptakan plak gigi. Minum Teh Hijau Dan Teh Hitam: Teh mengurangi dan menekan pambentukan plak dan membantu menekan tingkat jumlah bakteri di dalam mulut. 

8. Stop menggunakan tusuk gigi.
Tusuk gigi yang berguna untuk menghilangkan sisa makanan yang terselip di antara gigi Anda. Tapi hati-hati menggunakannya. Jangan menusuk gusi Anda dengan tusuk gigi. Terlebih jika tusuk tersebut dalam kondisi yang tidak bersih. Selain itu jangan rutin memakai alat ini agar tidak terjadi perenggangan pada gigi.

9. Makan-Makanan Yang Sehat Bagi Gigi.
Keju, kacang-kacangan, dan apel dapat membantu memecah plak yang melekat pada gigi Anda. Makanan tinggi serat juga dapat membantu meningkatkan produksi air liur dalam mulut Anda, yang berfungsi sebagai pelindung alami untuk gigi. Baca juga : cara memperkuat email gigi

10. Minum Lebih Banyak Air.
Air tidak hanya membantu membersihkan gigi dari bakteri, serta juga penting untuk memproduksi air liur. 

11. Sikat Gigi Sebelum Sarapan.
Bakteri suka beraktifitas di mulut Anda pada malam hari, sehingga menyikat gigi di pagi hari dapat membantu menyingkirkan plak yang lengket. Terutama jika Anda minum jus jeruk atau minuman asam lain di pagi hari, menyikat sebelum makan dapat lebih melindungi gigi Anda. Makanan asam melemahkan enamel selama setidaknya satu jam setelah konsumsi, sehingga menyikat dalam waktu satu jam setelah makan atau minum makanan asam,  benar-benar dapat melemahkan enamel dan menyebabkan kerusakan permanen. 

12. Minyak Bunga Matahari.
Ini adalah teknik kuno yang membantu membersihkan mulut dari bakteri penyebab gigi berlubang. Cukup kumur mulut Anda dengan minyak bunga matahari selama sekitar 15-20 menit. 

13. Mengunyah Permen Karet Bebas Gula.
Mengunyah permen karet akan menstimulasi mulut untuk memproduksi air liur, dan ini baik untuk gigi Anda. Hal ini akan membantu membersihkan gigi dari partikel sisa makanan setelah makan. 


cara merawat gigi agar tidak berlubang



MAKANAN INI MERAWAT GIGI ANDA AGAR TIDAK BERLUBANG

Tidak hanya menggosok gigi dengan teratur. Pakar gigi juga menganjurkan untuk konsumsi makanan sehat agar terhindar dari gigi berlubang. Nutrisi dari makanan untuk gigi lebih penting dibandingkan dengan pasta gigi. Apa yang kita konsumsi berperan penting dalam menjaga gigi agar tidak berlubang, tetap sehat dan kuat. Baca juga : cara merawat gigi berlubang

Bukan hanya gula saja yang bisa sebabkan gigi berlubang, kekurangan nutrisi juga bisa sebabkan gigi rusak.

Gigi adalah organ hidup dan membutuhkan nutrisi tepat untuk menumbuhkan dan menjaga kadar enamel dan dentin yang sehat. Jika Anda mengonsumsi cukup vitamin dan mineral, gigi Anda secara alami akan beregenerasi, tetap kuat dan sehat. Tapi jika Anda tidak memberi makan tubuh Anda nutrisi yang tepat, bakteri dan suasana asam di mulut dapat menghalangi proses alami ini. Sehingga gigi bisa rusak lebih cepat.

Ada empat vitamin yang larut dalam lemak seperti A,D,K2 dan E yang baik untuk kesehatan gigi Anda. Vitamin - vitamin ini berperan dari dalam merawat gigi anda agar tidak berlubang.  Vitamin A bisa didapatkan dari hati sapi, ikan, susu dan telur, vitamin D bisa didapatan dari ikan berlemak, jamur dan prosuk susu, vitamin K2 didapatkan dari soft cheese, telur, mentega dan salami. Selain itu vitamin E yang bersumber dari bayam, brokoli dan kacang-kacangan juga bisa menjaga gigi tetap sehat dan kuat

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->