-->

Cara Mengatasi Sakit Gigi Tanpa Obat

Cara mengatasi sakit gigi tanpa obat dapat anda lakukan dengan langkah sederhana berikut  ini. 

Sakit gigi tentu menjadi penyakit yang dapat mengganggu berbagai aktivitas anda. Biasanya sakit gigi akan mempengaruhi syaraf-syaraf di sekitar otak sehingga membuat anda merasa tidak nyaman, kurang konsentrasi, dan muncul rasa pusing maupun sakit kepala.  

Rasa sakit pada gigi dan daerah sekitar gusi biasanya diakibatkan oleh bakteri ataupun kuman yang bermukim pada sela-sela gigi akibat sisa makanan yang membusuk atau adanya lubang pada gigi. Banyak obat sakit gigi yang bisa anda beli di apotek atau toko, namun sebagian besar obat-obatan tersebut akan menimbulkan efek samping yang mengganggu aktivitas anda seperti rasa kantuk. 

Berikut ini 6 bahan alami sebagai cara untuk mengatasi sakit gigi tanpa obat:

1. Mengunyah bawang Putih

Mengunyah bawang putih mungkin akan menjadi hal yang akan terdengar aneh, terlebih dalam keadaan mentah. Rasa dan aromanya yang menyengat tentu akan membuat anda merasa tidak nyaman. Namun perlu anda ketahui bahwa bawang putih merupakan antiseptik serta antimikroba  yang juga berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri. Kunyahlah sebutir bawang putih pada bagian gigi yang terasa sakit selama beberapa menit. Selama anda kunyah, zat allicin yang ada di dalam bawang putih akan membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

2. Berkumur air cuka

Air cuka, baik cuka masak atau cuka apel merupakan antibakteri dan antimikroba yang baik untuk membunuh kuman penyebab masalah gigi. Namun jangan sampai anda berkumur cuka tersebut langsung, sebab kandungan asam yang kuat bisa merusak enamel atau lapisan pelindung gigi. Oleh karena itu anda bisa mengencerkan setengah sendok teh cuka dengan segelas air hangat. Kumur dan tahan terutama di daerah yang terasa sakit sekitar 30 detik lalu buang. Alternatif lain adalah dengan meneteskan cuka pada kapas, dan tekan pada area gigi yang sakit. Selanjutnya, berkumur dan sikat gigi agar sisa asam hilang dan tidak mengikis enamel. Baca juga : obat sakit gigi alami untuk anak

3. Kunyah daun Jambu

Daun jambu tidak hanya dikenal sebagai obat untuk masalah pencernaan saja, ekstrak daun jambu juga dapat menjadi antibakteri, antimikroba, serta pereda rasa nyeri yang ampuh. Cukup cuci bersih 1-2 lembar daun jambu, lalu kunya terutama di sekitar bagian gigi yang sakit.  Air yang keluar dari daun jambu efektif mengatasi rasa sakit gigi. Cara lainnya adalah dengan berkumur air rebusan daun jambu dan sedikit garam. Larutan ini bisa menjadi obat kumur yang efektif sebagai cara mengatasi sakit gigi tanpa obat. 

4. Minyak Cengkeh yang Mujarab

Minyak cengkeh memiliki kandungan eugenol yang dapat digunakan sebagai zat anestesi atau membuat mati rasa untuk sementara waktu. Agar lebih aman, gunakan kapas yang dibasahi 1-2 tetes minyak cengkeh kemudian tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Tahan hingga rasa sakit mereda. Selanjutnya berkumurlah untuk menghilangkan sisa minyak cengkeh yang masih tersisa di mulut. Pastikan tidak ada minyak yang menetes dan mengenai bagian lain dari gusi atau lidah, sebab akan menimbulkan rasa pahit dan sensasi terbakar yang cukup lama.


cara mengatasi sakit gigi tanpa obat


5. Air Garam

Garam menjadi salah satu cara mengatasi sakit gigi tanpa obat yang paling mujarab. Kandungan garam berguna untuk membunuh bakteri yang biasanya mengakibatkan berbagai masalah gigi. Selain itu, garam juga bermanfaat mengurangi masalah peradangan akibat infeksi. Cara memanfaatkan garam juga sangat sederhana, yakni melarutkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat. Kumur beberapa saat, terutama di daerah yang terasa sakit lalu buang.  Air garam akan mengurangi kelembaban di dalam mulut yang akan mereduksi pertumbuhan bakteri. Lakukan hal ini setidaknya 3 kali sehari, terutama sebelum tidur dan setelah bangun tidur, serta ketika rasa nyeri kembali menyerang.

6. Kompres Dengan Es Batu

Sensasi dingin ternyata dapat membantu mengurangi sinyal rasa sakit. Menggunakan es batu yang dibalut kain atau plastik menjadi cara mengatasi sakit gigi tanpa obat yang efektif.  Kompreskan agak lama pada sekitar bagian gigi yang sakit. Rangsangan rasa dingin akan meredakan rasa nyeri yang anda alami. Anda juga bisa melakukan pengompresan sembari memijat punggung tangan antara telunjuk dan  ibu jari untuk meningkatkan efektivitas saraf rasa dingin tersebut.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->