-->

5 Obat Sakit Gigi Alami untuk Anak

Berikut ada 5 obat sakit gigi alami untuk anak. Anak-anak sangat rentan terhadap sakit gigi karena mereka cenderung banyak mengonsumsi makanan manis.

Ketika anak sakit gigi, tentunya bukanlah hal yang mudah dalam meredakan nyerinya. Obat untuk orang dewasa mungkin mudah dicari, namun obat untuk anak-anak tentu bukanlah hal yang gampang. Anda tidak bisa memberikan obat sembarangan kepada anak jika ingin anak sehat tanpa efek samping dari obat, petimbangkan untuk menggunakan obat sakit gigi herbal. Sebaiknya gunakan 5 obat alami untuk sakit gigi berikut, bahan alami biasanya tidak akan menimbulkan efek samping yang membahayakan.

1.      Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh telah digunakan sejak dahulu untuk meredakan nyeri ketika sakit gigi melanda. Nah, ketika anak Anda sakit gigi maka gunakan minyak cengkeh untuk mengurangi nyeri sakit giginya. Teteskan minyak cengkeh pada kapas bulat, lalu letakkan kapas pada bagian gigi yang nyeri atau jika gigi berlubang letakkan di dalam lubang tersebut.

Perintahkan pada anak agar menggigit kapas tersebut agar minyak cengkeh meresap dengan baik. Sensasi hangatnya akan mengurangi efek nyeri dan membuat anak sedikit nyaman. Minyak cengkeh telah digunakan secara turun temurun untuk meredakan sakit gigi. Anda bisa mendapatkan minyak cengkeh oada toko obat tradisional.

2.      Daun Sirih

Daun sirih salah satu obat alami yang memiliki banyak manfaat. Anda juga bisa memanfaatkan daun sirih untuk meredakan sakit gigi pada anak Anda. Lipat-lipat selembar daun sirih hingga menjadi kecil dan berikan pada anak agar dikunyah menggunakan gigi yang sakit. Ketika cairan merah daun sirih keluar, maka nyeri pada gigi akan berangsur-angsur reda.

Selain kunyah, Anda juga bisa merebus air menggunakan daun sirih. Setelah itu gunakan air hasil rebusan daun sirih tersebut untuk berkumur-kumur. Selain meredakan nyeri sakit gigi, air rebusan daun sirih juga dapat mengurangi bau mulut apalagi gigi berlubang. Daun sirih memiliki kandungan chavicol yang berfungsi membunuh bakteri di dalam mulut. Selain itu daun sirih juga dapat mengatasi mimisan pada anak.

3.      Es Batu

Mengapa harus es batu? Nah, es batu ternyata dapat mengurangi nyeri akibat sakit gigi pada anak. Anda bisa melakukan pijatan ringan menggunakan es batu pada bagian pipi anak. Rasa sakit akan sedikit reda karena bagian yang dikompres akan mati rasa akibat suhu es yang dingin. Oleh karena itu nyerinya juga bisa sedikit berkurang sebelum Anda menemui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

obat sakit gigi alami untuk anak


4.      Bawang Merah dan Bawang Putih

Meskipun merupakan bumbu dapur, namun ternyata bawang merah dan bawang putih dapat meredakan nyeri akibat sakit gigi pada anak Anda. Anda hanya perlu menggunakan satu suing bawang putih dan bawang merah, kemudian parut atau geprek. Setelah itu letakkan pada bagian gigi anak yang terasa nyeri. Ekstrak dari bawang putih dan bawang merah inilah yang nantinya bekerja mengurangi rasa nyeri. Kandungan senyawa yang ada pada bawang bersifat anti inflamasi sehingga mengurangi rasa sakit.

5.      Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga bisa Anda gunakan untuk mengurangi nyeri sakit gigi pada anak. Gunakan potongan kecil dari jeruk nipis untuk diletakkan pada bagian gusi maupun gigi yang sakit. Sebelumnya Anda harus memeras terlebih dahulu agar air jeruk nipis keluar sehingga bisa meresap ke dalam gigi yang sakit. Anda bisa mengulangi tahap ini sehingga nyeri reda. Kandungan vitamin C yang ada di dalam jeruk nipis dapat mengurangi peradangan gusi. Agar lebih maksimal, Anda bisa gunakan jeruk nipis dengan daun sirih.

Agar anak Anda tidak menjadi langganan sakit gigi, ajaklah ia untuk merawat giginya dengan cara sikat gigi rutin dua kali sehari yakni pada pagi dan malam hari. Kemudian beritahu mereka jika makanan manis dapat merusak email gigi sehingga mereka mengetahui dan bisa mengurangi makanan manis. Anda juga harus turut mengontrol jadwal sikat gigi rutinnya.

Itulah 5 obat sakit gigi alami untuk anak, Semoga bermanfaat bagi Anda untuk menjaga kesehatan gigi anak dan keluarga. Orang tua harus bijak dalam mengasuh anak dan keluarga agar terhindar dari berbagai penyakit termasuk sakit gigi.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->