-->

Ini Solusi Obat Efektif Untuk Bau Mulut Menahun

Obat untuk bau mulut menahun beriklut ini akan menjadi solusi buat anda yang mengalami permasalahan bau mulut yang tidak kunjung teratasi.

Dikatakan sebagai bau mulut yang menahun mungkin karena anda mengalami permasalahan bau mulut yang sudah lama namun belum juga teratasi, padahal sepertinya sudah melakukan gosok gigi dengan rutin. Tentu ada faktor lain yang menjadi pemicu bau mulut tersebut, penyebab inilah yang harus anda temukan.

Tahukah anda, gigi berlubang juga bisa menjadi penyebab bau mulut. Jadi jika anda merasa sudah menggosok gigi rutin namun masih saja bau mulut, mungkin gigi berlubang itulah penyebabnya. Ketika penyebab bau mulut belum diketahui memang ini membuat kita pusing juga mencari obat untuk bau mulut menahun.

Pemberian obat untuk bau mulut menahun tentu tidak sembarangan, hal ini akan tergantung pada penyebab atau pun penyakit yang mendasarinya. Bau mulut dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti : kebersihan mulut yang buruk, gigi tiruan yang tidak bersih, obat - obatan tertentu ... obat hipertensi misalnya, kebiasaan merokok, bisa juga karena makanan tertentumisalnya bawang dan jengkol.

Bau mulut menahun juga bisa disebabkan oleh beberapa penyakit seperti : diabetes, infeksi, serta penyakit ginjal dan hati, maka pengobatan yang tepat adalah dengan prosedur pengobatan penyakit tersebut. Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat diagnosis penyebab bau mulut Anda, serta penanganan dan pengobatan sesuai penyakit yang dialami.


OBAT UNTUK BAU MULUT MENAHUN

Berikut ini adalah beberapa sulusi obat untuk bau mulut menahun yang disesuaikan dengan penyebab yang mendasarinya :

Jika bau mulut disebabkan oleh bakteri atau makanan tertentu, ini bukan termasuk masalah bau mulut manahun. Anda bisa mengatasinya dengan rutin menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride dua kali sehari, serta sehabis makan. Jangan lupa untuk menyikat lidah juga. Obat kumur yang mengandung bahan antibakteri cetylpyridinium chloride, chlorhexidine atau hidrogen peroksida juga efektif mengatasi masalah bau mulut.


Jika bau mulut disebabkan oleh penyakit asam lambung, maka obat-obatan seperti antasida dan alginat dapat Anda konsumsi untuk mengatasi asam lambung yang menjadi penyebab bau mulut Anda. Obat untuk bau mulut yang bisa anda coba adalah prokinetik seperti domperidone, bethanecol, dan H2-receptor antagonist (H2RA) seperti ranitidine dan nizatidine, serta proton-pump inhibitors (PPI) seperti omeprazole, lansoprazole dan esomeprazole juga dapat direkomendasikan namun harus disertai resep dokter.

Penyakit amandel tidak jarang menjadi penyebab bau lumut menahun. Adapun obat bau mulut yang disebabkan oleh tonsilitis atau radang amandel bisa diatasi dengan berkumur menggunakan air garam hangat untuk membersihkan bakteri dan lendir. Operasi pengangkatan amandel juga bisa menjadi pilihan untuk mengakhiri masalah bau mulut yang disebabkan oleh amandel, terutama pada amandel yang sering kambuh.

obat untuk bau mulut menahun
 

TIPS TAMBAHAN, PENTING UNTUK DILAKUKAN

Disamping beberapa poin di atas, menjaga kebersihan dan perawatan gigi dan mulut penting untuk mengobati dan mencegah bau mulut, antara lain seperti dibawah ini :

  • Hindari kondisi mulut kering dengan meminum banyak cairan seperti air putih atau jus buah.
  • Rutin menyikat gigi dua kali sehari atau setiap setelah makan dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, untuk membersihkan sela - selanya bisa digunakan benang gigi . Jangan lupa untuk menyikat lidah Anda dengan sikat khusus lidah.
  • Rutin melakukan pemeriksaan dan pembersihan karang gigi di Dokter Gigi.
  • Kunyah permen hisap atau pun permen karet, terutama yang tidak mengandung gula. Kebiasaan ini juga berfungsi untuk merangsang keluarnya air liur, sehingga mulut tidak kering.
  • Hindari mengonsumsi minuman mengandung kafein, minuman ringan, atau pun minuman beralkohol karena akan membuat mulut semakin kering.
  • Hindari menyikat gigi setelah minum minuman asam atau mengonsumsi buah yang asam. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya abrasi gigi.
  • Jauhi rokok. Kandungan tembakau tidak hanya merusak kesehatan, namun rokok bisa mengakibatkan bau mulut tang menahun

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->