-->

Obat Alami Sakit Gigi Berlubang Dan Gusi Bengkak

Setiap orang pasti pernah mengalami gusi bengkak selama hidupnya – paling tidak satu kali seumur hidup. Ada banyak obat alami yang bisa anda gunakan untuk membantu mengurangi gusi bengkak. 

Namun, jika gusi bengkak tetap bertahan selama lebih dari seminggu, sangat penting untuk konsultasi dengan dokter gigi sebagai solusi terbaik. Dokter gigi anda mampu mendiagnosis penyebab pasti gusi bengkak yang anda alami dan merekomendasikan perawatan terbaik sesuai dengan kondisi anda. Bahkan ada juga obat alami sakit gigi berlubang dan gusi bengkak seperti berikut ini :

Gusi bengkak biasanya disebabkan oleh kerusakan atau infeksi tertentu. Anda tak perlu panik karena banyak pengobatan alami dan bisa ditemukan di dalam rumah untuk merawat gusi bengkak. Obat rumahan ini tidak hanya mampu mengobati gusi bengkak namun juga membantu anda untuk mendapatkan pertolongan pertama untuk rasa sakit yang disebabkan oleh gusi bengkak. Biasanya gusi bengkak akan sembuh setelah beberapa hari. Selalu konsultasikan dengan dokter gigi anda jika gejala dan bengkak tidak hilang dalam beberapa minggu.

1. Berkumur dengan air garam

Salah satu obat tercepat yang bisa anda coba di rumah untuk gusi bengkak adalah garam atau air garam. Larutkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat – lalu anda bisa menggunakkan air garam tersebut untuk berkumur. Pastikan anda tidak menelannya, berkumur selama 30 detik. Ulangi perawatan ini jika anda ingin mendapatkan bantuan cepat untuk mengatasi gusi bengkak.

2. Gunakan kompres dingin dan panas

Salah satu obat rumahan terbaik untuk gusi bengkak adalah menggunakan kompres panas dan dingin. Cukup gunakan handuk dan rendam kedalam air hangat terlebih dahulu. Peras handuk lalu tempelkan pada area tersebut. Tekan perlahan selama lima menit. Kemudian anda bisa menggunakan kantong es dan tekan pada area pembengkakan selama 3 sampai 5 menit. Ulangi proses mudah ini selama 3 sampai 4 kali dan anda bisa terbebas dari gusi bengkak. Kompres merupakan salah satu obat alami sakit gigi berlubang dan gusi bengkak.

3. Obat kumur dengan ekstrak lidah buaya

Lidah buaya mempunyai agen alami untuk mengobati pembengkakan dan masalah kulit lainnya. Anda bisa menggunakan obat kumur dengan ekstrak lidah buaya untuk mengatasi gusi bengkak yang menyakitkan. Berkumurlah selama satu menit dan ulangi proses ini setelah 8 jam berikutnya jika pembengkakan tidak hilang.Produk kumur dengan lidah buaya dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan gusi bengkak secara cepat. Jika pembengkakan tidak hilang, anda harus mengunjungi dokter gigi.

4. Gunakan hidrogen peroksida

Larutan hidrogen peroksida bisa menyembuhkan pembengkakan gusi secara cepat. Gunakan 3 sendok makan larutan hidrogen peroksida dengan jumlah air yang sama. Berkumur menggunakan cairan tersebut kurang lebih setengah menit. Gusi bengkak akan hilang dalam sehari atau paling lama dua hari. Jika gusi bengkak tidak hilang,  anda bisa mencoba perawatan ini lagi.


Obat Alami Sakit Gigi Berlubang Dan Gusi Bengkak


Tips merawat gusi bengkak

Pembengkakan pada gusi dapat menyebabkan rasa sakit ketika anda mengunyah makanan. Anda bisa gunakan beberapa tips di bawah ini untuk mengurangi gusi bengkak sekaligus rasa sakit akibat pembengkakan tersebut.

Sikat gigi anda menggunakan pasta gigi selama 2 menit. Biasakan menyikat gigi paling tidak dua kali sehari – ketika bangun di pagi hari dan sebelum tidur. Anda juga bisa menggunakan produk obat kumur untuk membersihkan bagian mulut dan gigi. Obat kumur bisa menjangkau bagian mulut yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi anda. jika anda bisa menjaga kesehatan mulut dengan baik, anda bisa terhindar dari permasalahan gusi bengkak.

Perokok cukup sering menghadapi masalah gusi bengkak. Solusi lebih baik jika anda bisa menghindari konsumsi tembakau sebelum gusi bengkak sembuh. Tembakau atau produk tembakau lainnya bisa menjadi penyebab utama iritasi gusi bengkak.

Terkadang, gusi bengkak bisa terjadi karena disebabkan oleh asupan diet yang tidak seimbang. Keseimbangan tersebut terjadi ketika anda mengurangi atau berhenti mengonsumsi buah dan sayuran. Untuk menghindari hal tersebut, melakukan diet seimbang dengan mengonsumsi sayuran dan buah yang cukup sebagai obat alami sakit gigi berlubang dan gusi bengkak.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->