-->

Tahukah Anda Apa Obat Sakit Gigi Berlubang yang Alami?

Apakah anda tahu apa obat sakit gigi berlubang? Setiap orang tentunya ingin terhindar dari sakit gigi berlubang. Kenapa demikian? Sakit gigi pastinya menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, nafas menjadi bau, dan tentunya gigi pun berlubang hingga gigi itu menghilang sedikit demi sedikit. Umumnya, sakit gigi berlubang dapat terjadi pada semua usia dari anak-anak hingga dewasa. Lalu, bagaimana cara mengobati sakit gigi yang berlubang secara alami? Sebelum itu, mari kita simak terlebih dahulu tentang gejala kerusakan gigi! 

Gejala umum rusaknya gigi

Terkadang, kita tidak bisa melihat adanya gigi berlubang secara kasat mata karena bisa cuma terlihat seperti titik coklat atau hitam. Namun, biasanya, lubangnya tampak sangat jelas. Karena itulah, anda harus rutin memeriksa gigi anda. Ada beberapa gejala yang menandakan adanya kerusakan pada gigi anda yang bisa anda perhatikan, antara lain:
  • Nafas terasa bau atau tidak sedap dan mulut juga terasa tidak enak. 
  • Gigi menjadi lebih sensitif 
  • Gigi terasa sakit saat anda memakan makanan juga minuman yang dingin, panas, atau bergula. 
  • Terdapat noda pada gigi yang mana berwarna putih pucat

Mengobati sakit gigi berlubang secara alami

Anda bisa mengobati sakit gigi yang disebabkan gigi berlubang dengan bahan alami yang dipercaya ampuh dalam mengobati sakit gigi. Bahan-bahan alami ini sangat mudah didapatkan karena setiap hari, bahan ini sering digunakan dalam hal memasak. Di bawah ini adalah beberapa obat alami untuk mengatasi sakit gigi berlubang:

1. Garam

Biasanya, saat anda merasakan sakit gigi, dokter gigi umumnya tidak bisa langsung meredakan sakit gigi yang anda derita. Anda biasanya akan menerima obat dari dokter tersebut. Maka, untuk meredakan rasa sakit gigi berlubang yang sangat ampuh dengan membuat larutan garam. 

Kenapa harus garam? Karena garam mengandung anti-bakteri dan anti-inflamasi dimana kandungan ini sangat ampuh untuk menghilangkan atau meredakan rasa sakit pada gigi anda yang berlubang. Bagaimana cara membuatnya? Yaitu, dengan menyiapkan air 1 gelas dan melarutkan 1 sdm garam ke dalamnya. Lalu, berkumurlah dengan larutan tersebut sampai anda merasa bahwa rasa sakit gigi tadi sudah mereda. Bacajuga : pijat sakit gigi

2. Bawang Merah

Anda pasti sebelumnya tidak menyangka bahwa bawang merah bisa dijadikan sebagai obat sakit gigi berlubang yang sangat ampuh. Bawang merah sebenarnya mengandung antiseptik dan anti-mikrobial yang mampu meredakan rasa sakit pada gigi yang berlubang. 

Untuk mengatasi sakit gigi dengan bawang merah bisa dilakukan dengan mengunyahnya. Atau, anda bisa menghaluskannya lalu menempelkannya ke gigi berlubang anda. 

3. Bawang Putih

Tidak hanya bawang merah, bahan alami lainnya yang juga memiliki kandungan anti-septik adalah bawang putih yang juga dipercaya bisa menjadi obat sakit gigi yang super handal. Bawang putih sebenarnya mampu melepaskan zat allicin dan juga mampu membuat minyak alami dimana minyak tersebut berguna sebagai pelawan bakteri. Seperti halnya bawang merah, untuk mengatasi sakit gigi dengan bawang putih anda dapat mengunyahnya atau menempelkan bawang putih yang sudah dihaluskan ke bagian yang sakit. 

4. Es Batu

Mungkin anda semua berpikir, apa yang membuat es batu sehingga bisa dijadikan obat sakit gigi berlubang. Menyembuhkan sakit gigi dengan es batu sudah dikenal sejak lama, yaitu dengan cara mengompres. Es batu menghasilkan suhu dingin yang mana bisa menumpas saraf gigi sehingga rasa nyeri bisa reda bahkan hilang. Kompreslah gigi berlubang anda dengan es batu kurang lebih selama 15 menit sampai rasa sakit itu reda dan berkurang. 

5. Minyak Cengkeh

Sebenarnya, minyak cengkeh adalah obat tradisional yang sudah cukup lama dijadikan sebagai obat pereda sakit gigi berlubang. Minyak cengkeh mengandung eugenol yang bisa menjadi anestesi alami dimana ia mampu menghilangkan rasa sakit itu. Anda bisa menempeli gigi anda yang sakit dengan minyak cengkeh menggunakan kapas yang digulung kecil. Tempelkan ke gigi yang berlubang. Hal ini untuk mencegah parahnya sakit gigi. 


apa obat sakit gigi berlubang


Mencegah terjadinya gigi berlubang atau kerusakan gigi lainnya

Di atas kita telah membahas tentang apa obat sakit gigi berlubang, untuk melengkapi informasi kita berikut ini kita ulas bagaimana mencegah terjadinya gigi berlubang. Hal yang paling untuk dilakukan agar tidak ada kerusakan gigi adalah dengan menghindari adanya penimbunan plak. Plak bisa terbentuk dengan konstan, itulah sebabnya harus dibersihkan setiap hari. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan tepat, yakni dengan cara:
  • Sebisa mungkin, anda harus mengurangi atau menghindari makanan yang bertepung juga makanan dan minuman yang bergula. 
  • Pikirkan jika anda ingin menggunakan dental sealant
  • Setidaknya, gosoklah gigi sehari dua kali dengan waktu dua menit 
  • Pastikan pasta gigi yang anda gunakan mengandung fluoride dan juga telah khusus dirancang untuk mencegah terjadinya rusaknya gigi dan juga mengangkat plak. 
  • Gunakan floss minimal sekali sehari. Hal ini sangat baik dan penting untuk menjaga dan membersihkan area gigi yang tidak mudah dijangkau yang mana ada partikel makanan yang tersisa hingga menyebabkan bakteri. 
  • Gunakan mouthwash untuk berkumur. 
  • Demikianlah obat alami untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Apakah anda masih bingung apa obat sakit gigi berlubang?

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->