-->

Ternyata Ini Penyebab Sakit Gigi Terus Menerus

Penyebab sakit gigi terus menerus ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar anda bisa melakukan tindakan perawatan yang perlu. Sakit gigi mungkin menyebabkan anda merasa tidak nyaman dan bahkan mengganggu rutinitas anda. 

Nyeri gigi bisa membuat anda sulit mengunyah, berbicara, fokus atau bahkan tidur di malam hari. Jika anda sering mengalami sakit gigi, cari tahu penyebab sakit gigi terus menerus menjadi sebuah hal penting. Ada banyak alasan mengapa gigi anda sering sakit, namun beberapa kondisi perlu pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter gigi anda.

Jika anda mengabaikan rasa sakit tersebut maka rasa sakit tersebut bisa menjadi lebih parah. Lebih mudah mengobati sakit gigi sebelum menjadi permasalahan yang lebih serius. Oleh karena itu, kenali penyebab sakit gigi terlebih dahulu, baru anda bisa mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisi anda. Terdapat beberapa penyebab sakit gigi di bawah ini. Langkah awal kenali penyebab sakit gigi sedini mungkin.

1. Gigi berlubang

Lubang pada gigi biasanya disebabkan oleh pembusukan yang menggerogoti permukaan luar gigi – biasa juga disebut enamel gigi. Awal gigi berlubang biasanya tidak menunjukkan gejala sama sekali, namun pada akhirnya bisa menyebabkan sakit gigi terus menerus terutama jika lubang tersebut membesar dan dekat dengan saraf di dalam gigi. Anda mungkin sempat merasakan sesuatu pada gigi anda beberapa minggu yang lalu, namun anda tetap mengabaikannya, kemudian rasa sakitnya menjadi tak tertahankan seberapa minggu kemudian. Lubang gigi biasanya menyebabkan rasa sakit dan membuat anda kurang nyaman ketika tidur di malam hari. Lubang kecil biasanya belum terlalu menyakitkan, namun jika dibiarkan akan bertambah parah rasa sakitnya. Baca juga : cara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh

2. Anda mungkin terlalu banyak berolahraga

Semua tahu jika olahraga sangat bagus untuk tubuh anda – bagaimana olahraga bisa memicu sakit gigi? Para peneliti menemukan bahwa partisipan yang sering melakukan pelatihan ketahanan mempunyai risiko lebih besar terhadap erosi gigi atau hilangnya enamel akibat asam pada gigi dibandingkan orang yang kurang dalam berolahraga. Semakin lama dan sering melakukan olahraga setiap minggu, semakin besar kemungkinan terkena lubang gigi.

3. Abses gigi

Abses gigi terjadi ketika sebagian dan seluruh pulpa di dalam gigi mati. Jaringan mati tersebut membuat kantung bakteri dan nanah yang disebut dengan abses. Infeksi atau perdagangan gigi dapat menyebabkan abses, inilah yang menjadi penyebab sakit gigi terus menerus. Gigi rusak bisa menyebabkan abses gigi jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Hal ini terjadi ketika lubang memicu bakteri masuk ke dalam gigi. Ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk abses gigi seperti antibiotik untuk membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi. Membersihkan dan merawat gusi jika abses disebabkan oleh penyakit gusi.

4. Fraktur gigi

Fraktur gigi adalah retakan pada gigi. Hal ini bisa terjadi ketika anda menggigit sesuatu yang keras seperti es batu. Anda juga bisa mengalami fraktur gigi saat jatuh atau ketika rahan menabrak benda keras. Dalam beberapa kasus, fraktur gigi bisa berkembang seiring berjalannya waktu. Fraktur gigi bisa menyebabkan rasa sakit yang terus menerus dan jika tidak cepat ditangani, fraktur bisa menginfeksi pulpa dan saraf gigi yang memicu rasa sakit. Dokter gigi bisa memperbaiki keadaan tersebut dengan veneer, lem gigi atau ditambal. Anda mungkin memerlukan mahkota tambahan pada gigi.

5. Tambalan pada gigi rusak

Tambalan gigi anda bisa rusak ketika mengunyah atau menggigit sesuatu yang keras. Dokter gigi anda bisa memperbaiki atau mengganti tambalan gigi jika sudah tidak memungkinkan jika dibiarkan – bahkan beberapa kasus mungkin menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada pasien.


penyebab sakit gigi terus menerus



Bagaimana dokter akan menangani sakit gigi?

Untuk mengobati sakit gigi yang terus menerus seperti yang anda rasakan, dokter gigi anda akan melakukan riwayat medis terlebih dahulu dan beberapa pemeriksaan fisik. Dokter anda mungkin bertanya kepada anda terkait dengan rasa sakit yang anda rasakan dan seberapa parah rasa sakit tersebut. Dokter gigi anda akan memeriksa mulut, gusi, gigi, rahang, lidah, tenggorokan dan beberapa bagian tubuh lainnya. 

Dokter mungkin mengambil pemeriksaan dengan Sinar X atau tes lainnya tergantung penyebab sakit gigi. Perawatan yang tepat untuk meredakan sakit gigi tergantung pada penyebabnya. Jika terdapat lubang gigi, dokter gigi anda mungkin menambal atau mencabut gigi tersebut jika diperlukan. Jadi ketahui penyebab sakit gigi terus menerus terlebih dahulu.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->