-->

Bagaimana Memilih Gigi Palsu Yang Bagus Dan Nyaman

Gigi palsu yang bagus dan nyaman seperti apa sih? Simak penjelasan di bawah ini.

Setiap orang menginginkan memiliki gigi dan mulut yang bebas dari permasalahan, baik itu sakit gigi berlubang, gigi yang tanggal atau masalah lainnya. Namun ketika usia semakin tua, permasalahan seperti gigi yang tanggak merupakan hal yang normal terjadi. Tentunya ini membuat fungsi gigi untuk mengunyah makanan menjadi terganggu. Sehingga untuk mempertahanan fungsi gigi, dipilihlah solusi dengan pemasangan gigi palsu.

Yang namanya gigi palsu tentu terasa berbeda pada saat dipasang, apalagi sewaktu mengunyah makanan, mungkin sebagian orang merasa tidak nyaman. Ini juga berakibat pada rasa makanan itu sendiri pada saat dikunyah, cita rasanya berbeda. Lalu pertanyaannya, ada nggak sih gigi palsu yang bagus dan nyaman?

Ada beberapa keluhan yang kerap dirasakan para pengguna gigi tiruan. Misalnya saja pengurangan tekanan kunyah sehingga sulit mengunyah makanan yang keras dan mulut lebih terasa penuh. Gigi palsu juga sering bergeser sedikit waktu dipakai untuk mengunyah sehingga orang takut giginya lepas,

Masalah lain termasuk terjadinya luka di mulut dan radang gusi karena gigi palsu menekan gusi. Penggunaan gigi palsu seharian penuh juga kerap menyebabkan mulut berbau karena ada sisa makanan terperangkap di bawah gigi palsu.



GIGI PALSU YANG BAGUS DAN NYAMAN SEPERTI APA SIH?

Ada beberapa jenis gigi palsu tentu membuat kita yang mau menggunakannya menjadi bingung, mau pilih yang mana. Penggunaan gigi palsu yang tidak sesuai memang bisa mengakibatkan rasa tidak nyaman di mulut atau bahkan terasa sakit ketika mengunyah makanan. Lalu seperti apa sih gigi palsu yang bagus dan nyaman?

Jawabnya tentu yang cocok untuk gusi, struktur gigi dan terasa nyaman di mulut. Ketika anda ingin menggunakan gigi palsu, tentu lebih bijak jika konsultasi dulu dengan dokter gigi anda karena ada banyak hal yang harus anda ketahui dari gigi palsu ini, dokter akan merekomendasikan jenis gigi palsu apa yang cocok untuk anda. Terkadang penggunaan jenis gigi palsu yang pertama juga tidak langsung cocok.

Kecocokan dalam menggunakan gigi palsu tersebut bergantung kepada bentuk rahang penggunanya. Jadi, model gigi palsu yang bagus adalah yang cocok dengan faktor penyebab gigi tersebut tanggal. Perlu juga anda ketahui, bentuk gusi mempengaruhi faktor dalam pemilihan gigi palsu ini. Baca juga : buah yang menyehatkan gigi

Ada dua model pemasangan gigi palsu, yaitu permanen dan lepasan. Gigi palsu permanen merupakan gigi palsu yang tidak bisa dilepas oleh pemiliknya, sementara gigi palsu lepasan bisa dipasang sendiri. Gigi permanen harus menunggu dokter untuk melepasnya.

Ada tiga macam gigi palsu permanen, yaitu : pertama, implant gigi. Gigi palsu ini ditanam di gusi dan berdiri sendiri. Kedua, crown atau mahkota. Mahkota palsu tersebut dipasang untuk menggantikan struktur mahkota gigi yang rusak akibat lubang, keropos, atau patah. Ketiga, bridge. Jenis ini dipasang dengan memanfaatkan gigi-gigi di sebelahnya sebagai penyangga.

Sementara gigi palsu lepasan juga memiliki 3 macam model. Pertama, jenis akrilik. Jenis ini termasuk yang paling murah di antara berbagai jenis gigi palsu lainnya. Kedua, valplast. Jenis ini lebih lentur ketimbang akrilik karena tidak menggunakan kawat seperti model akrilik. Ketiga, frame. Gigi palsu jenis ini menggunakan logam di dalamnya.


gigi palsu yang bagus dan nyaman



TIPS AGAR GIGI PALSU TERASA NYAMAN

Untuk menyiasati agar gigi palsu selalu nyaman dikenakan, ia menyarankan agar gigi palsu digunakan sesering mungkin sehingga proses adaptasi berjalan lebih baik. Berikut ini adalah hal yang perlu anda lakukan agar gigi palsu terasa nyaman di mulut :

Rawat gigi tiruan Anda. Memastikan gigi tiruan Anda dirawat dengan benar akan mengurangi kemungkinan timbulnya masalah di masa depan. Simpanlah sepanjang malam dengan dicelupkan ke dalam air dalam wadah untuk mencegah gigi tiruan kehilangan bentuk.

Gunakan perekat gigi tiruan. Menggunakan perekat gigi tiruan seperti Polident® dapat membantu Anda beradaptasi lebih cepat untuk memakai gigi tiruan Anda. Perekat dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri Anda ketika makan, berbicara, dan tersenyum, dan membentuk segel untuk membantu mencegah makanan terselip antara gigi tiruan dan gusi Anda, hal ini berarti Anda dapat terus menikmati banyak makanan kesukaan Anda

Segera obati rasa sakit di mulut. Ketika Anda mulai terbiasa dengan gigi tiruan baru, Anda mungkin mengalami sedikit rasa tidak nyaman, yang akan hilang ketika mulut Anda telah terbiasa. Jika gusi Anda terasa sakit untuk jangka waktu yang lebih lama, gigi tiruan Anda mungkin perlu disesuaikan. Sedikit penyesuaian dapat meningkatkan kenyamanan Anda dalam waktu singkat.



CARA MERAWAT GIGI PALSU AGAR TETAP BAGUS DAN NYAMAN

Gigi palsu menjadi penting ketika anda menggunakannya untuk menggantikan fungsi gigi aslinya, untuk itu agar selalu nyaman digunakan, kita harus merawatnya dengan tepat. Berikut ini adalah cara merawat gigi palsu yang perlu anda lakukan :

Lepas gigi palsu pada malam hari. Jaringan sel dalam mulut perlu dipulihkan setelah dipakai untuk menopang gigi palsu seharian. Caranya, lepaskan gigi palsu pada malam hari menjelang tidur. Beri waktu jaringan dalam mulut Anda bebas dari gigi palsu selama 6 hingga 8 jam per hari. Rendam gigi palsu dalam larutan pembersih khusus gigi palsu. Melepas gigi palsu pada malam hari juga berfungsi menghindari stomatitis dan infeksi yang disebabkan oleh jamur.

Lepas dan bilas gigi palsu setelah makan dan bersihkan. Air yang mengalir melalui gigi palsu mengikis partikel dan sisa makanan. Jangan menggunakan air mendidih atau air panas. Air panas dan air mendidih dapat membuat gigi palsu Anda berubah bentuk sehingga tidak lagi pas dipakai dalam mulut.

Jangan menyikat gigi palsu menggunakan zat yang bersifat abrasif. Pasta gigi yang biasa dijual di pasaran dan banyak digunakan orang pada umumnya bersifat abrasif. Begitu pula pasta gigi yang mengandung pemutih gigi, obat pemutih gigi, dan penggelantang pakaian juga bersifat abrasif. Hindari penggunaan zat-zat ini agar gigi palsu tetap bagus dan nyaman serta awet. Alternatif lain, gunakan ultrasonic cleanser.

Gunakan sikat yang berbulu lentur dan lembut. Sikat dengan bulu yang kaku dan keras bersifat abrasif sehingga dapat merusak gigi palsu Anda. Pilihlah sikat yang berbulu lembut untuk membersihkan gigi palsu Anda agar gigi palsu tetap bagus dan nyaman dipakai. Setelah itu, simpan sikat di tempat yang sejuk, kering dan bersih, bukan di kamar mandi/ WC.

Bilas gigi palsu saat mau dipakai, terutama bila gigi palsu itu direndam semalaman dalam obat.
Pembilasan ini perlu untuk mengusir zat-zat kimia yang mungkin melekat pada gigi palsu Anda pada saat direndam. Zat kimia yang menempel dan dibiarkan tanpa dibilas dapat menyebabkan iritasi.

Periksa ke dokter gigi bila gigi palsu Anda terasa longgar atau janggal. Ini dilakukan untuk memastikan gigi palsu tetap bagus dan terasa nyaman. Pemakaian gigi palsu mengakibatkan gigi palsu lama-kelamaan jadi longgar. Bila dibiarkan, gigi palsu yang longgar bisa menghasilkan iritasi, borok, dan infeksi. Segera periksakan ke dokter gigi Anda untuk mengepaskan gigi palsu Anda seperti semula.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->