-->

Macam - Macam Gigi Yang Harus Anda Ketahui

Macam - macam gigi yang dimiliki oleh setiap orang mungkin tidak terlalu anda pikirkan sebelumnya, padahal penting juga mengetahui apa saja jenis gigi yang ada pada mulut kita.

Gigi memiliki peranan penting dalam sistem pencernaan manusia karena akan berkaitan langsung dengan mulut. Sebelum makanan dicerna, makanan akan melalui proses awal yaitu pengunyahan. Di sinilah fungsi penting dari gigi.

Dalam fungsinya, jenis gigi terdiri dari bermacam - macam, masing masing fungsinya berbeda sehingga makanan dapat dikunyah dengan sempurna untuk kemudian diproses selanjutnya pada sistem pencernaan. Lalu apa saja macam - macam gigi yang ada dalam mulut kita?


MACAM - MACAM GIGI

Pada bagian struktur gigi manusia kita mengenal beberapa jenis gigi pada tempatnya masing - masing. Berikut ini adalah macam - macam gigi yang perlu anda ketahui :

1. Gigi Taring

Ini mengingatkan kita tentang pelajaran macam - macam gigi di sekolah. Gigi ini berbentuk tegak dengan ujungnya yang tajam. Posisi gigi taring adalah di sebelah gigi seri. Gigi taring pada orang dewasa terdapat dua buah di rahang bawah dan dua lagi di rahang atas. Gigi taring atau Dentis Kaninus berfungsi untuk mengoyak atau merobek makanan.

2. Gigi Seri

Ini merupakan gigi bagian depan. Gigi seri tegak lurus dengan ujung yang rata menyerupai sekop dan berada di gusi bagian depan. Gigi seri atau Dentis Insisivus berfungsi untuk memotong atau mengerat makanan yang masuk.  Gigi yang hanya memiliki satu buah akar ini terdapat pada 2 di rahang bawah dan 2 di rahang atas.

3. Gigi Geraham Depan ( Pramolar )

Gigi ini bentuknya tegak melebar dan lebih rendah dari gigi taring dan gigi seri. Pada gigi premolar terdapat tonjolan di mahkotanya dan memiliki dua buah akar. Gigi geraham depan atau Pramolar bertugas untuk mengunyah atau menggiling makanan.  Gigi premolar orang dewasa terdapat empat buah di rahang bawah dan empat di rahang atas.

4. Gigi Geraham Belakang ( Molar )

Selanjutnya dalam hal macam - macam gigi adalah gigi geraham belakang. Pada gigi ini juga terdapat beberapa tonjolan di mahkotanya. Biasanya gigi ini memiliki tiga akar, tapi ada juga yang hanya memiliki dua akar. Gigi geraham belakang atau Molar bertugas untuk menghancurkan dan menghaluskan makanan.  Orang dewasa memiliki enam gigi molar di rahang atas dan enam lagi di rahang bawah.

macam - macam gigi
MENGENAL BAGIAN - BAGIAN GIGI

Di atas kita telah mempelajari tentang macam - macam gigi, untuk menambah pengetahuan kita tidak ada salahnya kita akan membahas tentang bagian bagian dari gigi. Secara lebih mendetail, gigi terdiri dari beberapa lapisan atau bagian.

Berikut bagian gigi dengan perannya yang berbeda-beda:

  1. Enamel. Bagian ini mungkin sudah anda kenal. Enamel berperan dalam melindungi jaringan vital di dalam gigi yang terbuat dari sebuah zat mineral bernama kalsium dan fosfat. Enamel merupakan bagian paling luar dari gigi yang paling keras dan berwarna putih.
  2. Dentin. Di bawah lapisan enamel ada lapisan yang dinamakan dentin. Lapisan dentin berada di bawah lapisan enamel. Ketika enamel rusak, suhu panas atau dingin dapat masuk ke gigi, sehingga menyebabkan gigi sensitif atau rasa sakit.
  3. Pulpa. Bagian ini berguna untuk memberikan nutrisi dan menyampaikan sensasi ke gigi Anda. Pulpa merupakan bagian dari anatomi gigi yang lebih lembut. Pulpa ditemukan di pusat dan inti gigi Anda yang berisi pembuluh darah, saraf, dan jaringan lunak lainnya.
  4. Sementum. Mungkin istilahnya terdengar asing di telinga anda. Akar gigi dapat mengikat gusi dan tulang rahang dengan kokoh karena dihubungkan oleh lapisan jaringan ikat. Lapisan jaringan ikat inilah yang disebut sementum. Bagian terakhir dari anatomi gigi adalah ligamentum periodontal, yaitu jaringan yang membantu menahan gigi agar dapat melekat erat pada rahang.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->