-->

Jenis Makanan Yang Bisa Membuat Gigi Putih

Makanan yang bisa membuat gigi putih berikut ini patut anda coba, ini bisa menjadi solusi alami jika anda memiliki permasalahan warna gigi yang terlihat kuning.

Persoalan warna gigi yang kuning atau tidak putih adalah salah satu dari masalah yang sering terjadi pada gigi. Terkadang kita heran juga, setiap hari sudah rutin sikat gigi namun gigi tetap kuning, bahkan ada karang gigi lagi. 

Dalam merawat gigi memang tidak sekedar menggosok gigi setiap hari, kita juga perlu memperhatikan jenis makanan yang kita konsumsi, apakah aman untuk gigi atau tidak. sebagaima kita ketahui, permasalahan kesehatan itu sebagian penyebabkan adalah karena faktor makanan.

Dibalik itu, ternyata ada jenis makanan tertentu juga bisa menjadi solusi alami untuk mengatasi masalah kesehatan, bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional, termasuk di dalamnya adalah untuk memutihkan gigi. Ada jenis makanan yang bisa membuat gigi putih.


JENIS MAKANAN YANG BISA MEMBUAT GIGI PUTIH

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan, buah atau sayuran yang bisa membuat gigi putih :

1. Stroberi

Mungkin anda tidak menyangka, stroberi adalah salah satu jenis makanan yang bisa memutihkan gigi. Buah merah yang dominan asam tersebut ternyata bisa mencerahkan gigi dan membuatnya tampak lebih bersinar. Stroberi mengandung asam malat yang secara alami dapat memutihkan email gigi.

2. Apel

Selain sebagai buah yang segar, apel juga dikenal sebagai jenis makanan yang bisa membuat gigi putih. Apel mengandung serat yang cukup tinggi. Serat tersebut dinilai dapat membilas bakteri jahat. Selain itu, apel memiliki kandungan flourida yang paling banyak ditemukan di pasta gigi dan berfungsi untuk menurunkan risiko kerusakan gigi dan penyakit gusi.

3. Seledri

Selama ini seledri dikenal sebagai bahan bumbu dapur, ternyata bisa dimanfaatkan untuk memutihkan gigi. Seledri dinilai sebagai camilan yang ideal untuk meningkatkan kesehatan gigi. Seledri membantu mempromosikan gusi yang sehat. Layaknya sedang menggunakan sirih, seledri dinilai dapat membantu untuk menggosok bakteri yang tidak sehat dari gigi.

4. Keju

Teman untuk bersantap roti ini dinilai baik untuk menjaga gigi. Kandungan keju yang tinggi kalsium dan protein membantu gigi putih bersinar. Makan keju juga dinilai untuk menaikkan pH mulut sehingga menurunkan risiko kerusakan gigi, bahkan bisa memutihkan gigi.

5. Pisang

Untuk membuat gigi putih, kita hanya memanfaatkan kulinya. Menggosok gigi menggunakan kulit pisang selama dua menit bisa membantu memutihkannya, karena kulit pisang mengandung beberapa mineral penting yang bagus untuk gigi Anda.

6. Kacang

ini adalah jenis makanan yang digemari oleh anak- anak hingga orang dewasa, ternyata bisa membuat gigi putih. Kacang dinilai sebagai makanan berserat tinggi yang berguna untuk kesehatan gigi serta memutihkan gigi. Seperti kangkung, kacang dapat menyebabkan mulut mengeluarkan air liur saat memakannya. Air liur dinilai dapat membersihkan bakteri makanan.

7. Pir

Buah ini memiliki kadar air yang tinggi. Mengungah pir dapat menetralkan bakteri penyebab bau mulut dan mengurangi noda kekuningan pada gigi. Kandungan airnya yang tinggi juga bisa membersihkan gigi dari kotoran yang tertinggal di sela-sela gigi.

8. Nanas

Selain enak dibuat rujak, nanas juga merupakan jenis makanan yang bisa dimanfaatkan untuk membuat gigi putih. Sama halnya dengan wortel, nanas bertindak sebagai pembersih noda alami dengan meningkatkan produksi air liur yang mampu membersihkan sisa makanan sehingga mulut Anda lebih bersih dan segar.

9. Jeruk

Mengonsumsi buah-buahan yang asam seperti jeruk, akan meningkatkan produksi air liur yang dapat mencuci bersih gigi secara alami. Tapi hindari membersihkan gigi langsung menggunakan lemon, karena tingkat asam yang tinggi dapat merusak gigi.

10. Susu

Susu dan yogurt adalah makanan yang baik untuk gigi. Selain dapat menguatkan gigi, produk olahan ini juga bisa membuat gigi terlihat lebih putih dan sehat.


makanan yang bisa membuat gigi putih



MAKANAN INI MEMBUAT GIGI ANDA KUNING

Terkadang kita semua heran, apa sebenarnya yang menjadi penyebab gigi kuning padahal rajin sikat gigi. Sebenarnya hal tersebut bisa dikarenakan faktor makanan. Ada beberapa jenis makanan yang membuat gigi anda menjadi kuning seperti berikut ini :

1. Kopi. Jika anda menginginkan gigi yang putih, sebaiknya hindari kopi. Kandungan kafein pada kopi yang sangat tinggi menyebabkan gigi kamu menjadi kuning. 

2. Penambah rasa, Kecap, cuka. Bahan - bahan ini memang akan menambah rasa makanan menjadi lebih nikmat, namun efeknya ...  gigi Anda jadi lebih menguning.

3. Teh hitam. Lebih baik mengkonsumsi makanan yang membuat gigi putih daripada teh hitam yang efeknya menguningkan gigi.Jika Anda masih ingin mengonsumsi teh, Anda dapat mengganti teh hitam dengan teh hijau atau teh putih untuk mengurangi efek tanin. 

4. Kari. Mungkin selama ini anda tidak sadar, kari bisa membuat gigi anda menjadi kuning. Kari ternyata mampu membuat warna kuning pada gigi karena warna kuning yang kuat bisa menyisakan warna yang menempel. 

5. Wine. Tahukah anda, kandungan tanin dan polifenol mengakibatkan perubahan warna gigi menjadi lebih kusam. Selain itu, anggur putih memiliki sifat asam yang dapat mengikis enamel Anda jika Anda meminumnya terlalu sering.

6. Minuman manis dan bersoda. Berbeda dari jenis makanan yang membuat gigi putih seperti di atas, minuman manis dan bersoda harus anda hindari. Minuman ini mengandung asam sitrat, gula asam, dan asam fosfat, yang tidak hanya menguningkan gigi, tetapi juga akan mengikis enamel dalam jangka panjang, terutama jika Anda meminumnya tanpa menyikat gigi atau berkumur sesudahnya. Minuman-minuman itu sering mengandung pewarna karamel yang dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi. 

7. Berbagai rempah-rempah. Beberapa rempah-rempah seperti kunyit, cabai atau rempah kari rempah-rempah bisa menghitamkan gigi Anda, karena mereka mudah melekat pada enamel. Inilah sebabnya, mengapa sebaiknya Anda menyikat gigi segera setelah memakannya. 

8. Saus tomat. Selain membuat gigi menjadi kuning, saus juga bisa merusak enamel gigi. Untuk mencegahnya kamu bisa mengkonsumsinya bersamaan dengan sayur, yang dapat membersihkan noda pada gigi.

9. Es Krim Stik dan Permen. Karena kandungan zat pewarnanya, Es krim dapat membuat gigi kamu menjadi kuning, terutama es krim stik. Dengan terlalu sering mengonsumsi es krim stik, kamu bisa membahayakan warna gigi kamu

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->