-->

Kenapa Gigi Ngilu, Ini Penyebabnya

Kenapa gigi ngilu? pertanyaan tersebut akan terjawab pada penjelasan di bawah ini, silakan simak selengkapnya.

Gigi ngilu tentu akan membuat kita menjadi menderita, tidak hanya rasanya yang membuat gigi kita menjadi tidak nyaman, tetapi juga membuat kita tersiksa karena tidak berani makan makanan atau minuman yang menjadi favorit kita, seperti : es krim, makanan manis, atau makanan segar lainnya.

Selama ini mungkin anda bertanya - tanya, kenapa gigi ngilu. Pada umumnya penyebab gigi ngilu adalah karena gigi sensitif, sehingga langsung bereaksi terhadap makanan atau minuman tertentu. Padahal tidak selamanya gigi ngilu itu karena gigi yang sensitif.




 

KENAPA GIGI NGILU, INI JAWABANNYA,
 
Berikut ini adalah beberapa penyebab yang dapat menimbulkan rasa ngilu pada gigi Anda:

1. Gigi sensitif

Terjadi ketidaknyamanan berupa ngilu sebagai respon gigi terhadap makanan atau minuman tertentu, seperti makanan atau minuman yang panas, dingin, atau asam. Gigi yang sensitif juga dapat disebabkan oleh pemilihan sikat gigi yang salah dan tekanan yang terlalu keras pada saat menggosok gigi.

2. Efek penggunaan pemutih gigi

Gigi yang putih memang akan kelihatan lebih menarik, sehingga banyak orang menggunakan pemutih gigi. Namun ternyata pemutih gigi akan menimbulkan rasa ngilu pada gigi karena bisa merusak lapisan gigi. Ini menjadi jawaban, kenapa gigi ngilu.

3. Terjadi keretakan atau patah pada gigi

Gigi ngilu bisa terjadi karena adanya keretakan pada gigi. Gigi retak yang sudah parah kemungkinan bisa mengenai ruang pulpa, sehingga rasa ngilu akan timbul. Retakan gigi dapat menjadi alternatif tempat berkumpulnya bakteri, sehingga menimbulkan infeksi yang menyebabkan masalah gigi lainnya.

4. Abrasi pada leher gigi

Abrasi leher gigi ini bisa terjadi karena cara menyikat gigi yang salah, bisa juga karena gosok gigi terlalu keras. Abrasi gigi dapat mengenai permukaan enamel (permukaan paling luar) bahkan mencapai permukaan yang lebih dalam, yaitu dentin. Apabila abrasi gigi sudah mengenai permukaan gigi yang semakin dalam (dentin gigi terbuka), maka akan menyebabkan gigi sensitif, sehingga mengakibatkan gigi ngilu atau linu

5. Adanya penyakit gusi

Penumpukan plak di sekitar gusi bisa mengakibatkan peradangan yang kemudian mengakibatkan gusi menjadi lebih merah, mudah berdarah dan lebih sensitif, yang disebut gingivitis.  Inilah kenapa gigi ngilu terjadi.

6. Resesi gingival atau penurunan gusi atau 

Penurunan gusi yang tidak dirawat lama-kelamaan akan menyebabkan gigi sensitif. Kondisi ini menyebabkan tereksposnya sebagian akar gigi. Penurunan gusi biasanya menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif dan ngilu. 


kenapa gigi ngilu


7. Gigi berlubang

Kondisi gigi berlubang selalu dikaitkan dengan sakit gigi. Kondisi ini merupakan penyebab paling umum gigi ngilu yang sering dijumpai. Pertama, lubang akan menembus lapisan email dimana biasanya pasien tidak merasa sakit. Tahap selanjutnya begitu lubang telah mengenai lapisan dentin, gigi akan menjadi sensitif. Baca juga : cara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh

8. Kelainan bruxism,

Ini merupakan bentuk kebiasaan seseorang yang kurang baik, yaitu menggertakkan, mengunyah, mengatup, dan menggeser-geserkan giginya dengan tidak sadar. Hal ini menyebabkan enamel terkikis jika tak terkontrol.


GIGI NGILU LEBIH PARAH JIKA DIBIARKAN

Tidak jarang, masalah gigi ngilu ini tidak diperhatikan oleh banyak orang, padahal bisa memperparah kondisi gigi. Jika gigi sensitif dibiarkan berlarut-larut tanpa ada perawatan, kondisi ini bisa menjadi makin parah, menyebabkan nyeri berkepanjangan, dan sensitivitas yang makin tinggi. Gigi sensitif juga bisa berdampak pada komplikasi lain di mulut Anda. Terkadang gigi sensitif adalah salah satu gejala gigi berlubang atau karies gigi. Lubang yang tak segera ditangani bisa berlanjut menjadi infeksi pada gusi dan rahang, disertai rasa sakit, pembengkakan, dan risiko menyebarnya infeksi ke area lain di kepala dan bahkan leher. 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->